Penerapan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura

Rosialina, Devi (2020) Penerapan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Cover_PBS.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Abstrak_PBS.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_BAB I_PBS.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_BAB IV_PBS.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Devi Rosialina_20160703020045_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan_PBS.pdf

Download (569kB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Pembiayaan Rahn Penerapan komunikasi pemasaran sangat penting bagi suatu lembaga keuangan atau suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, ini merupakan upaya perusahaan dalam menyampaikan produk-produknya agar dikenal dan diterima oleh nasabah dan masyarakat. Komunikasi pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan suatu program pemasaran. Penerapan komunikasi pemasaran tersebut juga sangat penting bagi KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Mengingat lembaga tersebut memiliki banyak produk seperti pembiayaan rahn. Dalam penelitian ini ada empat permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Pertama, Bagaimana aturan implementasi penerapan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Kedua, Bagaimana implementasi penerapan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Ketiga, Bagaimana hasil dari pelaksanaan aturan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Keempat, Apakah implementasi penerapan komunikasi pemasaran efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan Rahn di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Cabang, karyawan, dan nasabah KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama aturan dalam pelaksanaan meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan cara analisis SWOT dengan menggunakan analisis kepercayaan dengan menganalisa kemauan, kekayaan, informasi masyarakat, dan kemungkinan jaminan. Kedua penerapan komunikasi pemasaran di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo menganalisis situasi, mengidentifikasi masyarakat dan nasabah, menentukan tujuan komunikasi pemasaran, dan menentukan bauran komunikasi pemasaran. Pelaksanaan komunikasi pemasaran memadukan bauran komunikasi pemasaran seperti pemasaran langsung, periklanan, personal selling, dan menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat dan publisistas. Yang ketiga Hasil dari pelaksanaan aturan komunikasi pemasaran di KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo adalah dengan cara bertanya langsung kepada nasabah dan melihat sendiri hasil yang telah dicapainya. Dan yang keempat KSPP. Syariah BMT NU Cabang Proppo bisa dikatakan efektif dalam proses komunikasi pemasaran, hal tersebut dibuktikan dengan adanya hubungan baik antara marketing dan nasabah, dan juga meningkatnya jumlah nasabah pada pembiayaan Rahn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_066 ??
?? m_067 ??
?? m_082 ??
?? m_130 ??
?? m_172 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Ardiansyah Ardiansyah
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:13
Last Modified: 23 Feb 2021 04:13
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1023

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item