Strategi Segmentasi Penentuan Target dan Posisi Pasar pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) BMT NU Kantor Cabang Galis Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Mrs, Hotijah (2020) Strategi Segmentasi Penentuan Target dan Posisi Pasar pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) BMT NU Kantor Cabang Galis Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. HOTIJAH_ 18201503020096_COVER_PBS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
c. Hotijah_18201503020096_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf.pdf

Download (158kB)
[img] Text
d. Hotijah_18201503020096_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf.pdf

Download (127kB)
[img] Text
e. HOTIJAH_ 18201503020096_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (89kB)
[img] Text
f. HOTIJAH_ 18201503020096_DAFTAR_ISI_PBS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
g. HOTIJAH_ 18201503020096_BAB I_PBS.pdf

Download (336kB)
[img] Text
h. HOTIJAH_ 18201503020096_ BAB II_ PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
i. HOTIJAH_ 18201503020096_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
j. HOTIJAH_ 18201503020096_BAB IV_PBS.pdf

Download (410kB)
[img] Text
k. HOTIJAH_ 18201503020096_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
l. HOTIJAH_ 18201503020096_ DAFTAR_ PUSTAKA_ PBS.pdf

Download (201kB)
[img] Text
b. Hotijah_18201503020096_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PBS.pdf.pdf

Download (114kB)

Abstract

Kata Kunci: Segmentasi, Penentuan Target, dan Penentuan Posisi Pasar Suatu lembaga keuangan syariah (Baitul Mal Wa Tamwil) dapat dikatakan berhasil jika mampu mengembangkan produk usaha yang dimilikinya agar dapat memenuhi kebutuhan para konsumen secara tepat dan menciptakan produk yang bermanfaat dengan biaya yang murah dan dengan cara yang mudah. Seperti yang telah diketahui bahwa pasar untuk suatu produk itu sangat luas dan penuh dengan persaingan, untuk memenangkan persaingan tersebut maka lembaga keuangan syariah harus menyusun strategi segmentasi, penentuan target pasar, dan posisi pasar yang tepat agar konsumen tertarik dngan produk yang diawarkan. Dalam penelitian ini, ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penenlitian ini yaitu: pertama, bagaimana strategi segmentasi, penentuan target dan posisi pasar yang dilaksanakan oleh Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Galis Pamekasan pada produk simpanan lebaran, kedua yaitu bagaimana perkembangan jumlah anggota simpanan lebaran Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Galis setelah strategi segmentasi, penentuan target, dan posisi pasar dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala cabang, juru tabungan, dan anggota simpanan lebaran. Kemudian sumber data tersebut dianalisis untuk mencapai tujuan akhir melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan. Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan memiliki beberapa produk tabungan, yakni setiap tabungan memiliki segmentasi pasar tersendiri. Sedangkan untuk produk simpanan lebaran lebih disegmentasikan kepada calon anggota yang tinggal di kecamatan larangan, kecamatan galis, dan kecamatan pademawu. Selain itu juga disegmentasikan kepada calon anggota yang berprofesi sebagai pedagang dan ibu rumah tangga. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: variabel segmentasi produk simpanan lebaran yang digunakan oleh Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan adalah segmentasi geografis, dan segmentasi demografis. Sedangkan untuk penentuan target pasarnya menggunakan strategi pemasaran cakupan pasar dengan pembedaan, dan untuk penentuan posisi pasarnya, Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan lebih menggunakan atas dasar atribut dan kesempatan penggunaan. Sehingga, setelah strategi STP tersebut terlaksana, produk SABAR setiap tahunnya mengalami jumlah peningkatan anggota. Dari kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada pihak kantor untuk lebih berhai-hati dalam menentukan target pasarnya agar target yang sudah ditentukan dapat menguntungkan pagi kantor sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_067 ??
?? m_074 ??
?? m_082 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Ardiansyah Ardiansyah
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:30
Last Modified: 23 Feb 2021 03:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1069

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item