Umam, Khairul (2020) Analisis Makna Kontekstual Bahasa Dalam Iklan Rokok Di Channel Televisi Transtv. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Sampul _ Tbin.pdf Download (112kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN KHAIRUL UMAM (2).pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN KHAIRUL UMAM (1).pdf Download (112kB) |
|
Text
e) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Abstrak _ Tbin.docx Download (15kB) |
|
Text
f) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Daftar Isi _ Tbin.pdf Download (93kB) |
|
Text
g) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Bab I _ Tbin.pdf Download (347kB) |
|
Text
h) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Bab II _ Tbin.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
i) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Bab III _ Tbin.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
Text
j) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Bab IV _ Tbin.pdf Download (145kB) |
|
Text
k) Khairul Umam _ 20160701070049 _ Daftar Pustaka _ Tbin.pdf Download (139kB) |
|
Text
b) Khairul Umam _ 20160701070051 _ Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Persetujuan Publikasi _ Tbin.pdf Download (131kB) |
Abstract
Indonesia sudah terbiasa dengan namanya rokok, dan bahkan mayoritas merokok. Untuk mengiklankan sebuah produk berupa rokok, televisi sebagai salah satu media pendukung yang digunakan oleh perusahaan rokok untuk menarik perhatian pendengar atau penonton di televisi. Dalam kemasan rokok terdapat slogan, untuk memahami slogan rokok dan maksud iklan tersebut menggunakan makna kontekstual, makna kontekstual bagian dari ilmu semantik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimanakah bentuk slogan bahasa dalam iklan rokok di channel televisi transtv; Kedua, Bagaimanakah makna kontekstual bahasa dalam iklan rokok di channel televisi transtv. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan pustaka deskriptif dan jenis penelitian pustaka. Sumber data diperoleh dari iklan rokok di channel televisi transtv. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah iklan-iklan rokok yang ada di channel televisi transtv. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama bentuk slogan bahasa dalam iklan rokok di channel televisi transtv yaitu Dunhill Filter 12 dan Dunhill Mild 16, Surya Pro, Dji Sam Soe, Gudang Garam Signature, Magnum Mild, Djarum Coklat, L A Bold, Marlboro Filter Black, U Mild, dan Esse. Kedua makna kontekstual bahasa dalam iklan rokok di channel televisi transtv yang meliputi iklan rokok Dunhill Filter 12 dan Dunhill Mild 16 (melewati tantangan hidup), Surya Pro (mengangkat barble atau beban), Dji Sam Soe (membeli kopi), Gudang Garam Signature (membuat karya), Magnum Mild (memodifikasi mobil), Djarum Coklat (menikamati keindahan alam), L A Bold (melatih keberanian), Malrboro Filter Black (melewati keberanian), U Mild (melewati tantangan), dan Esse (perubahan untuk sukses).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Albab 199204152019031005 Albaburrahim |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:32 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 05:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/109 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |