Peran Media Sosial Sebagai Saluran Promosi Produk Perikanan Perspektif Ekonomi Islam di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep

Utami, Irma (2020) Peran Media Sosial Sebagai Saluran Promosi Produk Perikanan Perspektif Ekonomi Islam di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-COVER-ES.pdf

Download (237kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING-ES.pdf

Download (192kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-HALAMAN PENGESAHAN-ES.pdf

Download (238kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-ABSTRAK-ES.pdf

Download (72kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-DAFTAR ISI-ES.pdf

Download (17kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-BAB I-ES.pdf

Download (485kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-BAB II-ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-BAB III-ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-BAB IV-ES.pdf

Download (751kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-BAB V-ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-DAFTAR PUSTAKA-ES.pdf

Download (2MB)
[img] Text
IRMA UTAMI-20170703032091-KEASLIAN TULISAN-ES.pdf

Download (123kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Sosial, Saluran Promosi, Perspektif Ekonomi Islam Pesatnya teknologi informasi memberikan peluang besar bagi masyarakat Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek untuk maju, karena mampu menarik manfaat dengan mengadakan hubungan melalui peningkatan tes informasi. Terlebih lagi pada saat ini dihadapkan dengan keadaan pandemi covid 19, yang mengharuskan kegiatan di rumah saja. Jadi penggunaan media sosial sebagai saluran promosi produk perikanan menjadi efektif dan terbantu. Namun masalah yang sering terjadi dalam aktifitas promosi melalui media sosia yaitu ketidaksesuaian foto yang dipromosikan di media sosial dengan produk yang sebenarnya. Hal ini tidak sesuai dengan etika pemasaran dalam Islam yang mengharuskan kegiatan pemasaran memiliki kejujuran dan etika dalam memasarkan produknya agar mendapatkan keuntungan sehingga dapat mengembangkan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana peran media sosial sebagaia saluran promosi produk perikanan perspektif ekonomi Islam di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Kedua,Bagaimana dampak media sosial sebagai saluran promosi produk perikanan di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep; Bagaimana peran media sosial sebagaia saluran promosi produk perikanan perspektif ekonomi Islam di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang di gunakan dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi.Informannya adalah pemilik UD Anak Laut, Karyawan, dan Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran media sosial dalam penggunaannya sebagai saluran promosi produk perikanan di UD Anak Laut berpedoman pada ekonomi syariah dengan menjalankan karakteristik pemasaran syariah, yaitu: ketuhanan (rabbaniyah) yang dalam pelaksanan kegiatan pemasaran dilakukan dengan kejujuran, etis (akhlaqiyyah) yang dalam pelaksanaaanya diterapkan pada pelayanan terhadap semua pelanggan dengan harus memiliki etika (akhlaq), realistis (al waqi’iyyah) yang menyatakan bahwa UD Anak Laut mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan media sosial namun tetap berpedoman pada ekonomi syariah, humanistis (insaniyyah) yang dalam pelaksanannya diharuskan adil dalam pelayanan terhadap seluruh konsumen. Kedua, penggunaan media sosial memberikan beberapa dampak, yaitu mempermudah penjualan dan pembelian, produk cepat di kenal oleh masyarakat, meminimalisir biaya pemasaran, penjualan meningkat dari sebelumnya sesuai dengan data penjualan produk melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_029 ??
?? m_045 ??
?? m_170 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:29
Last Modified: 19 Mar 2021 03:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1122

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item