Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Anggotadalam Memilih Simpanan Wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar

Masruratul, Arifainy (2020) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Anggotadalam Memilih Simpanan Wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Masruratul Arifainy-2016070302112-Sampul-PBS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
c. Masruratul Arifainy-2016070302112-Halaman Persetujuan-PBS(1).pdf

Download (32kB)
[img] Text
d. Masruratul Arifainy-2016070302112-Halaman Pengesahan-PBS(1).pdf

Download (45kB)
[img] Text
e. Masruratul Arifainy-2016070302112-Abstrak-PBS.pdf

Download (12kB)
[img] Text
f. Masruratul Arifainy-2016070302112-Daftar Isi-PBS.pdf

Download (24kB)
[img] Text
g. Masruratul Arifainy-2016070302112-BAB I-PBS.pdf

Download (64kB)
[img] Text
h. Masruratul Arifainy-2016070302112-BAB II-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
i. Masruratul Arifainy-2016070302112-BAB III-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
j. Masruratul Arifainy-2016070302112-BAB IV-PBS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
k. Masruratul Arifainy-2016070302112-BAB V-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
l. Masruratul Arifainy-2016070302112-Daftar Pustaka-PBS.pdf

Download (25kB)
[img] Text
b. Masruratul Arifainy-2016070302112-Pernyataan Keaslian Tulisan-PBS(1).pdf

Download (46kB)

Abstract

Kata Kunci: Faktor-Faktor, Preferensi Anggota Di era perdagangan bebas perbankan syariah dituntut untuk mampu memupuk keunggulan kompetitif masing-masing melalui upaya-upaya yang kreatif, inovatif dan efisien. Tuntutan ini harus selalu menjadi perhatian lembaga keuangan syariah, termasuk di dalamnya Koperasi Sumber Anyar melalui beberapa faktor, yaitu faktor pelayanan, faktor produk, faktor tempat dan faktor promosi Koperasi diharapkan mampu memupuk keunggulan kompetitif.Koperasi Sumber Anyar (KSA) merupakan unit simpan pinjam pembiayaan syariah yang merupakan sistem funding dan landing sesuai dengan konsep konsep syariah.Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin menegethui seberapa besar pengaruh faktor pelayanan, produk, tempat/lokasi dan promosi terhadap preferensi nasabah dalam memilih tabungan wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh anggota tabungan wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar, dan ukuran sampel diambil berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 responden. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan secara simultan diperoleh pelayanan (X1), produk (X2), tempat (X3), promosi (X4)mempunyai nilai signifikan 0,000 <0,05 dan nilai Fhitung sebesar 28,680 >nilai Ftabel 2,72.Maka, dapat dinyatakan bahwa faktor-fakor (pelayanan, produk, tenpat dan promosi) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota (Y) dalam memilih simpanan wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar. Nilai adjusted R square diperolehsebesar 0,992 atau 99,2%. Artinya variabel preferensi anggota dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel pelayanan, produk, tempat dan promosi sebesar 99,2% dan sisanya sebesar 0,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Sedangkan hasil uji parsial, variabel pelayanan mempunyai nilai thitung sebesar 2,634 < nilai ttable 1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,010 <0,05, yang berarti variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota. Variabel produk mempunyai nilai thitung sebesar 2,243 > nilai ttabel 1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,028< 0,05, yang berarti variabel produk berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota. Variabel tempat mempunyai nilai thitung sebesar 2,687 > nilai ttabel1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,009< 0,05, yang berarti variabel tempat berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota. Dan Variabel promosi mempunyai nilai thitung sebesar 2,848 >nilai ttabel1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,006< 0,05, yang berarti variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota. Sehingga faktor yang paling berpengaruh terhadap preferensi anggota dalam memilih simpananwadi’ah yaitu faktor promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:41
Last Modified: 19 Jul 2024 02:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1164

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item