Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Kadur

Rahmadani, Rahmadani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Kadur. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_CAVER_TIPS.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_KATA PENGANTAR_TIPS.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_BAB I_TIPS.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_BAB IV_TIPS.pdf

Download (785kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_DAFTAR RUJUKAN_TIPS.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_LAMPIRAN SKRIPSI_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Devia Rahmadani_20160701080024_RIWAYAT HIDUP_TIPS.pdf

Download (28kB)

Abstract

Guru adalah komponen utama dalam sistem pendidikan yang sangat mempengaruhi hasil pendidikan disamping komponen lainnya. Seorang guru dapat mencapai hasil yang optimal dalam proses pembelajaran apabila guru selaku pendidik mampu mengguanakn metode serta memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan. Model pembelajaran talking stick adalah seperangkat komponen yang telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk lebih aktif didalam kelas dan berani mengemukakan pendapatnya. pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang akan diteliti, yaitu pertama, apakah model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kadur, kedua seberapa besar pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kadur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan dua variabel yaitu variabel (X) model pembelajaran talking stick dan variabel (Y) hasil belajar siswa. Sumber data diperoleh melalui angket dan dokumentasi untuk nilai raport. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur teknik nonprobability sampling yang digunakan yaitu sampling total teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sampel. Jadi, yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu semua siswa-siswi kelas VIII di SMPN 1 Kadur. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kadur. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil “r” tabel yang dikonsultasikan dengan harga kritik product moment, yaitu N = 31 dan interval kepercayaan 99% = 0,355 dan taraf interval 95% = 0,456, dengan demikian harga “r”56, dengan demikian harga “r” hitung 0,925 lebih besar dibandingkan harga kritik “r” product moment (r tabel), dan dan yang kedua dibuktikan dengan cara mengkonsultasikan harga “r” kerja dengan interpretasi korelasi product moment, dengan interpretasi sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang peneliti ajukan yang berbunyi “ Ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kadur dengan interpretasi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71F ??
?? m71G ??
?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:54
Last Modified: 25 Mar 2021 04:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1185

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item