Minhaji, Achmad (2020) Strategi Marketing pada Produk Tabungan Mudharabah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT NU Cabang Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Cover_PBS.pdf Download (70kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Halaman Persetujuan_PBS.pdf Download (72kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Halaman Pengesahan_PBS.pdf Download (107kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Daftar Isi_PBS.pdf Download (81kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Bab I_PBS.pdf Download (166kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Bab II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Bab III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Bab IV_PBS.pdf Download (199kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Bab V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Daftar Rujukan_PBS.pdf Download (113kB) |
|
Text
Achmad Minhaji_NIM 2016070302000_Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (128kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Marketing, Segmenting Targeting PositioningTabungan Mudharabah KSPPS BMT NU Cabang Larangan adalah koperasi yang bergerak dalam bidang memberikan jasa simpanan (tabungan bagi para nasabah). Melalui berbagai macam tabungan. Salah satunya yakni tabungan mudharabah. Menjadi tabungan yang paling banyak peminat dan yang sangat digemari, dikarenakan KSPPS BMT NU Cabang Larangan memiliki pemasaran yang sangat bagus sekali. Selain itu KSPPS BMT NU Cabang Larangan terus menerus melakukan strategi pemasaran yang sangat baik sekali agar dapat mempertahankan dan bahkan menambah jumlah nasabah tabungan mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, strategi STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) marketing yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Cabang Larangan. Kedua, efektivitas strategi STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) marketing yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang larangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 4 informan yaitu kepala cabang, karyawan bagian tabungan, dan bagian admin keuangan. Adapun penelitian ini tentang KSPPS BMT NU Cabang Larangan mengenai strategi pemasaran segmenting, targeting, dan positioning produk tabungan mudharabah serta kunjungan nasabah. Sedangkan dokumentasinya yaitu profil KSPPS BMT NU Cabang Larangan, struktur organisasi, data informan dan brosur tabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, strategi pemasaran STP produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang Larangan dilakukan dengan cara menentukan segmentasi pasarnya terlebih dahulu. Berdasarkan hal tersebut, dibagi berdasarkan geografik. Target pasar yang dilakukan di Kecamatan Larangan adalah pedagang pasar Blumbungan dikarenakan lokasi usaha tersebut. Sedangkan dari segi usia dan jenis kelamin, tidak ada persyaratan khusus, namun yang paling penting harus memiliki KTP atau kartu induk siswa dan memiliki akal sehat. Selanjutnya, posisi pasar yakni dengan memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal agar nasabah tertarik dan tetap menabung di KSPPS BMT NU Cabang Larangan.Kedua, efektivitas strategi KSPPS BMT NU Cabang Larangan dinilai efektif dan berhasil, hal ini karena jumlah nasabah dari tahun 2018 hingga 2020 terus mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan tujuan KSPPS BMT NU Cabang Larangan mempertahankan dan menambah jumlah nasabah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_029 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 04:48 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1193 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |