HUBUNGAN KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA DALAM MELAKUKAN KONSELING INDIVIDU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUMENEP

Hidayatul Ulum, Nurul (2019) HUBUNGAN KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA DALAM MELAKUKAN KONSELING INDIVIDU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUMENEP. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
COVER .docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayatul Ulum, 2019, Hubungan Kepribadian Konselor Dengan Minat Siswa dalam Melakukan Konseling Individu di MAN Sumenep. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun AR, M.Ag Kata Kunci: Kepribadian Konselor, Minat Siswa, Konseling Individu. Bimbingan dan konseling merupakan elemen penting yang patut diperhitungkan dalam dunia pendidikan. Adanya bimbingan dan konseling di sekolah membantu pencapaian tujuan pendidikan atau visi misi sekolah. Selain itu bimbingan dan konseling diperlukan untuk membantu peserta didik dalam mengatasi masalah-masalahnya, baik masalah pribadi, sosial, karier, belajar, dan lain sebagainya. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena di MAN Sumenep dimana setiap hari kantor guru pembimbing atau konselor ramai dikunjungi siswa dan hampir setiap hari pula ada siswa yang menemui konselornya dengan berbagai keperluan, seperti bimbingan, konsultasi, maupun konseling, baik yang datang secara suka rela maupun yang sengaja dipanggil oleh guru pembimbing atau konselor. Hal tersebut menjadi menarik bagi peneliti, karena pada umumnya sebagian siswa takut, malu, bahkan enggan untuk pergi ke ruang BK dengan alasan takut dihukum, guru pembimbingnya menakutkan, cerewet, pemarah, kaku dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan kepribadian konselor dengan minat siswa dalam melakukan konseling individu? (2) Seberapa besar hubungan kepribadian konselor terhadap minat siswa dalam melakukan konseling individu? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan satu variabel dependen dan satu variabel independen serta menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Respondennya adalah siswa MAN Sumenep yang telah pilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil SPSS uji korelasi product moment menunjukkan bahwa harga r hitung sebesar 0,793 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%), maka dapat di peroleh harga r tabel sebesar 0,159. Ternyata harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,793 > 0,159), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikansi antara kepribadian konselor dengan minat siswa dalam melakukan konseling individu. Kemudian nilai korelasi atau r hitung sebesar 0,793 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 maka (2 tailed), serta r hitung > r tabel (0,793 > 0,159) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan “tidak terdapat hubungan antara kepribadian konselor dengan minat siswa dalam melakukan konseling individu” ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:41
Last Modified: 24 Jan 2023 03:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1246

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item