IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PAMEKASAN

Nurjannah, sitti (2019) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PAMEKASAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
SAMPUL - ABSTRAK ANNA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1 - SKRIPSI ANNA 2019.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2 - SKRIPSI ANNA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 3 - SKRIPSI ANNA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4 - SKRIPSI ANNA 2019.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB 5 - SKRIPSI ANNA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Nurjannah, 2019, Implementasi Konseling Individu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: H. Karimullah, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Konseling Individu, Motivasi Belajar Motivasi adalah dorongan dari dalam individu untuk melakukan suatu tindakan dengan cara tertentu sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Motivasi disini merupakan suatu alat kejiwaan untuk bertindak sebagai daya gerak atau daya dorong untuk melakukan pekerjaan. Memberikan motivasi pada siswa berarti menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu. Pelayanan bimbingan dan konseling (BK) adalah sebuah wadah yang diperuntukkan membantu para siswa agar dapat mengembangkan berbagai potensi mereka secara optimal. Guru pembimbing diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih lengkap mengenai kepribadian siswa serta memiliki banyak waktu untuk mengadakan wawancara dan membantu siswa menghadapi kasus-kasus yang lebih berat. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana implementasi konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah aliyah negeri 1 pamekasan? (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah aliyah negeri 1 pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan sudah cukup baik dikarenakan adanya sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh sekolah untuk dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan diawali dengan sebuah perencanaan, dan tahap perancangan Sehingga hal ini menghasilkan suatu program bimbingan dan konseling yang berjalan sesuai tujuan yang direncanakan. (2) Faktor pendukung implementasi konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diantaranya yaitu: a) Aplikasi instrumentasi data; b) Terjalinnya kerjasama yang baik dari semua elemen lembaga; Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya yaitu: a) Siswa kurang terbuka tentang masalah yang dihadapinya; b) Tidak ada jam khusus Guru BK masuk kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Mar 2021 01:57
Last Modified: 24 Jan 2023 03:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1250

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item