Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan

Didik, Didik (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (300kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Didik, 2020, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan. Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Buna'i, S. Ag, M. Pd dan Dr. Hj. Waqiatul Masruroh, M. Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif , Karakter Penggunaan metode pembelajaran cooperative learning ditujukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Karena dengan metode yang merangsang cara berfikir kritis siswa, akan memberikan dampak yang positif pada tingkat aktivitas siswa. Aktivitas belajar siswa merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, di mana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik, yang timbul dari peserta itu sendiri dapat berpartisipasi aktif sehingga pendidikannya bisa terselesaikan dengan efektif dan dapat dijadikan sebagai pandangan hidup. Peserta didik dapat saling menghargai dan tumbuh toleransi yang lebih tinggi. Fokus penelitian sebagai berikut: pertama : Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan? Tujuan penelitian sebagai berikut: pertama : untuk menditesiskan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan, untuk menditesiskan faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis diskriftif dengan instrumen yang digunakan meliputi : wawancara tentang penerapan model pembelajaran kooperatif kepada guru dan siswa; observasi tentang proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan dan dokumentasi dengan mengumpulkan data-data yang ada di di SMPN 2 Pagantenan Pamekasan. Penelitian ini menunjukkan 1) Dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pegantenan Pamekasan guru memberikan tanggung jawab pada siswa dan guru hanya berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses belajar yang dilakukan juga optimal yang berimbas pada perubahan positif karakter siswa. Disini siswa bersama kelompoknya memiliki tanggung jawab guru arahkan untuk memecahkan masalah sendri, menggali informasi dan bertanggung jawab dalam pekerjaan mereka sendiri. Dan yang terpenting sesama siswa bisa menjaga kekompakan kelompoknya, saling membantu, saling menghargai meskipun berbeda pendapat. 2) Faktor pendukung dan faktor prnghambat model pembelajaran kooperatif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMPN 2 Pegantenan Pamekasan adalah motivasi belajar siswa yang cenderung ada yang motivasinya yang tinggi dan motivasi rendah akan tetapi untuk mensiasati hal tersebut guru berupaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar mereka lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas dan bertanggung jawab terhadap tugas kelompoknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:05
Last Modified: 08 Apr 2021 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1293

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item