Peningkatan Komunikasi Interpersonal dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Pujianto, Moh. Nanang (2020) Peningkatan Komunikasi Interpersonal dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Cover_MPI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
c) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
d) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
e) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Abstrak_MPI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
f) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
g) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_BAB_I_MPI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
h) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_BAB_II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
i) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_BAB_III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
j) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_BAB_IV_MPI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
k) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_BAB_V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
l) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
b) Moh. Nanang Pujianto_20160701040132_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf

Download (174kB)

Abstract

Dalam rangka membangun dan memperbaiki mutu pendidikan dimulai dengan adanya pendidik atau guru yang profesional. Mencari guru yang ideal atau profesional tidaklah mudah perlu adanya berbagai cara yang dilakukan untuk dapat menjadikan guru itu profesional. Karena bagaimanapun guru yang profesional sangat dibutuhkan di dalam suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu, salah satu cara dalam mengembangkan profesionalisme guru dimulai dengan adanya peningkatan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal ialah komunikasi antar individu. Dengan adanya komunikasi interpersonal tersebut nantinya akan mempermudah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara mengembangkan profesionalisme guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; kedua, bagaimana peningkatan komunikasi interpersonal dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan; ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat peningkatan komunikasi interpersonal dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menjadikan kepala madrasah dan guru sebagai informan dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian kondensasi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pralapangan, penelitian, dan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, cara mengembangkan profesionalisme guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan dilakukan dengan adanya program supervisi pendidikan dimana yang bertugas itu kepala madrasah dan supervisior, adanya program MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), serta dengan adanya pendidikan dan pelatihan; kedua, peningkatan komunikasi interpersonal dalam mengembangkan profesionalisme guru dilakukan dengan adanya forum atau musyawarah yang di dalamnya terdapat komunikasi yang menekankan rasa kekeluargaan, keterbukaan, kepercayaan, dan kebersamaan dalam berkomunikasi antar individu. ketiga, Faktor pendukung peningkatan komunikasi interpersonal dalam mengembangkan profesionalisme guru berupa sarana komunikasi seperti adanya teknologi handphone yang berbasis aplikasi yang akan mempermudah peningkatan komunikasi interpersonal, adanya hubungan yang baik antar antar individu baik antar guru maupun guru dengan kepala madrasah, adanya keterbukaan dalam berkomunikasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu seperti adanya sebagian guru belum menyentuh handphone berbasis aplikasi, kemampuan guru yang berbeda dalam menyerap informasi dan adanya sebagian guru yang mempunyai sifat egois mau menang sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:47
Last Modified: 28 Dec 2022 00:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/136

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item