Peningkatan Mutu Layanan Kemahasiswaan melalui Media Sosial di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan,

Syafaah, syafaah (2021) Peningkatan Mutu Layanan Kemahasiswaan melalui Media Sosial di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan,. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
Syafaah_20160721034_Cover_PAI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_Surat Pernyataan Keaslian_PAI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB I_PAI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB II_PAI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB III_PAI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB IV_PAI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB V_PAI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_BAB VI_PAI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Syafaah_20160721034_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (87kB)

Abstract

xi ABSTRAK Syafaah, 2020, Peningkatan Mutu Layanan Kemahasiswaan melalui Media Sosial di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil. Kata Kunci: peningkatan mutu, layanan kemahasiswaan, media sosial. Media sosial sebagai salah satu fenomena sosial telah merambah berbagai aspek kehidupan, salah satu aspek kehidupan sosial yang tidak luput dari pengaruh merebaknya media sosial yaitu aspek pendidikan. Media sosial telah banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran, namun tidak banyak penelitian tentang penggunaan media sosial di bidang pengelolaan pendidikan. Padahal media sosial sangat besar manfaatnya jika dimanfaatkan di bidang pengelolaan. Kenyataan inilah yang kemudian menjadi alasan untuk mengkaji manfaat media sosial bagi pengelolaan pendidikan tinggi khususnya pada bagian layanan kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui beberapa fokus penting, yaitu 1) Jenis-jenis media sosial apa saja yang digunakan sebagai peningkatan mutu layanan kemahasiswaan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan, 2) Implementasi peningkatan mutu layanan kemahasiswaan melaui media sosial di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan, dan 3) Hasil peningkatan mutu layanan kemahasiswaan melalui media sosial di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian dilakukan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama dan setelah melakukan penelitian dengan menggunakan analisis data kualitatif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa media sosial yang digunakan dalam peningkatan mutu layanan kemahasiswaan di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan yaitu facebook dengan memaksimalkan penggunaan fanpage STAMIDIYA, whatsapp berupa penggunaan chatting pribadi dan whatsapp group, website, serta blog dan youtube yang digunakan untuk memaksimalkan pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Implementasi peningkatan mutu layanan kemahasiswaan melalui media sosial di STAI Al-Hamidiyah Bangkalan dilaksanakan dengan membuat akun-akun di media sosial oleh ketua kemudian akun-akun tersebut dikelola oleh ketua bersama orang lain dari pihak pengelola. Pada beberapa akun, ketua dan pengelola menjadi admin sekaligus pengendali akun tersebut, tetapi pada akun-akun lain sekedar menjadi anggota dan memantau saja di beberapa akun yang berupa grup. Media sosial berupa website sepenuhnya dikelola oleh pengelola akan tetapi tetap memungkinkan mahasiswa mengakses dengan luas. Akun media sosial berupa blog dan youtube diintruksikan oleh pengelola (panitia KKN) untuk digunakan dalam kegiatan KKN dan selanjutnya dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa pelaksana KKN. Penggunaan media sosial xii dalam peningkatan mutu layanan kemahasiswaan memberikan hasil berupa kemudahan, kecepatan layanan, dan biaya yang kecil dalam pelaksanaan layanan tersebut baik bagi mahasiswa, dosen, dan pengelola. xiii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:37
Last Modified: 07 Jun 2021 06:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1424

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item