Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Antar Teman Sebaya Kelas VIII MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean

Rahmatika, Arini (2021) Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Antar Teman Sebaya Kelas VIII MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1.SAMPUL.pdf

Download (117kB)
[img] Text
1.SAMPUL.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2.PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
10.BAB IV.pdf

Download (563kB)
[img] Text
11.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
12.DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
13.PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
14.SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
15.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Interasksi Sosial, Teman Sebaya. Manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan-kebutuhan sendiri terutama bagi siswa yang berada di bangku sekolah dengan adanya interaksi sesama teman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa antar teman sebaya. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahn yang menjadi kajian pokok dalam penelitian yaitu: pertama, Bagaimana kemampuan interaksi sosial siswa antar teman sebaya di MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean?, kedua, Bagaimana pelaksanaan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa antar teman sebaya Kelas VIII di MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean? Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa antar teman seabaya. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK dan wali kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan interaksi sosial siswa antar teman sebaya kelas VIII di MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean masih terbilang rendah. Hal tersebut dipaparkan oleh kepala sekolah, guru BK dan guru wali kelas VIII saat peneliti melakukan wawancara. Kedua, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa antar teman sebaya kelas VIII MTS Tahfidz Ismailiyah Kecamatan Pasean. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket dari pra siklus dengan nilai rata-rata 54,35% yang meningkat pada siklus Idengan nilai rata-rata 73,88% dan juga semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,0%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_133 ??
?? m_170 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:46
Last Modified: 10 Jul 2023 03:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1598

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item