Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi pada Usaha Beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan)

Ansory, Slamet (2020) Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi pada Usaha Beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan). Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_Cover_ES.pdf.pdf

Download (41kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_PENGESAHAN_ES.pdf

Download (70kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_PERSETUJUAN_ES.pdf

Download (44kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_Abstrak_ES.pdf

Download (14kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (15kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_BAB I_ES.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_BAB IV_ES.pdf

Download (258kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (97kB)
[img] Text
SLAMET ANSORY_20160703030160_KEASLIAN_ES.pdf

Download (61kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islami, Daya Tarik, Konsumen Saat ini persaingan bisnis haruslah profesional dan konsisten dalam memenuhi kebutuhan konsumennya, disamping harus berlomba-lomba dengan para pesaing dalam mempertahankan citra terhadap konsumen, produsen harus mempunyai strategi dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha, oleh karena itu bidang pemasaran berperan besar dalam merealisasikan rencana usaha, salah satunya usaha beras di desa Kertegena Laok. Usaha beras yang berada di Desa Kertagena Laok merupakan usaha beras petani asli Indonesia, namun dalam pemasarannya usaha tersebut masih terbilang sederhana. Usaha beras tersebut sudah berumur 15 tahun. Namun, dalam kenyataannya usaha beras yang ada di Desa Kertegena Laok dalam dua tahun terahir penjualannya menurun, biasanya 30 ton dalam setiap bulan, menjadi 15 ton Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua pokok persoalan, sehingga menghasilkan fokus penelitian. Pertama, Bagaimana strategi dan implementasi pemasaran Islami dalam meningkatkan daya tarik konsumen pada usaha beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan; Kedua, Faktor apa saja yang menyebabkan daya tarik konsumen tentang startegi pemasaran Islami pada usaha beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di desa Kertagena Laok, sehingga penggalian data dalam penelitiaan ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi yang bertujuan untuk menganalisa dalam setiap aspek untuk mendalami fokus penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, Strategi pemasaran Islam dalam meningkatkan daya tarik konsumen yang dilakukan usaha beras di Kertagena Laok Kadur Pamekasan yaitu: strategi produk yang berupa produk pangan dari sumber alam asli Indonesia (petani), strategi harga yang cukup terjangkau, strategi promosi yang dilakukan sasat ini masih menggunakan cara yang sederhana yaitu sistem dari mulut ke mulut; Kedua, Faktor daya tarik konsumen tentang strategi pemasaran dengan faktor selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk, dari segi harga menetapakan harga yang terjangkau, kemudian dari tempat yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh para konsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam bisnis, tidak melakukan curang, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, dan tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:07
Last Modified: 24 Jan 2023 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1630

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item