Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan

Hasanah, Rita Jannatun (2021) Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Cover_TBIN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
c) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Lembar _Persetujuan_ Pembimbing_TBIN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
d) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
e) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Abstrak_TBIN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
f) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Daftar Isi_TBIN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
g) Rita Jannatun Hasanah-20170701072094_BAB I_TBIN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
h) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
i) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
j) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_BAB IV_TBIN.pdf

Download (530kB)
[img] Text
k) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
l) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
b) Rita Jannatun Hasanah_20170701072094_Pernyataan_keaslian_tulisan_TBIN.pdf

Download (216kB)

Abstract

Kata Kunci: Model, Team Games Tournament, Bahasa Indonesia Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan, siswa kelas V yang masih kurang dalam minat belajarnya terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar siswa kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Ada tiga fokus penelitian yang mengkaji utama peneliti ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan model team games tournament (TGT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model team games tournament (TGT) dalam pembelajara Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Ketiga, bagaimana sulusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan model team games tournament (TGT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dengan penerapan model team games tournament dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan, diperoleh hasil guru kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan telah menerapkan motel team games tournament (TGT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, model tersebut dapat bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran dengan cara, mempersiapkan RPP, menyampaikan tujuan pembelajaran, tanya jawab, siswa berdiskusi dengan kelompoknya, permaianan model team games tournament (TGT), dan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan model team games tournament (TGT) di kelas V melalui 3 tahapan diantaranya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, tiga tahapan tersebut dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat oleh guru dengan memperhatikan capain dan indicator pembelajaran. Kedua, faktor pendukung: sarana dan prasarana yang memadai, yang bisa mendukung saat proses pembelajaran berlangsung seperti media pembelajaran, proyektor, dan audio visual, dan semangat siswa yang tinggi. Faktor penghambat: masih ada sebagian siswa yang masih kurang percaya diri memberikan jawaban kepada temannya yang memberikan soal terkait pembelajaran bahasa Indonesia, suasana kelas yang kurang kondusif dan keterbatasan waktu karena kendala Covid-19. Ketiga, guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dalam minat belajarnya guru memberikan motivasi berupa bimbingan khusus kepada siswa yang kurang minat belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:49
Last Modified: 06 Oct 2021 07:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1655

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item