Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep

Jufriyanto, Jufriyanto (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Jufriyanto-18201503020115-Sampul-PBS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
c. Jufriyanto-18201503020115-Halaman Persetujuan-PBS.pdf

Download (34kB)
[img] Text
d. Jufriyanto-18201503020115-Halaman Pengesahan-PBS.pdf

Download (44kB)
[img] Text
e. Jufriyanto-18201503020115-Abstrak-PBS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
f. Jufriyanto-18201503020115-Daftar Isi-PBS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
g. Jufriyanto-18201503020115-BAB I-PBS.pdf

Download (57kB)
[img] Text
h. Jufriyanto-18201503020115-BAB II-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
i. Jufriyanto-18201503020115-BAB III-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
j. Jufriyanto-18201503020115-BAB IV-PBS.pdf

Download (368kB)
[img] Text
k. Jufriyanto-18201503020115-BAB V-PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
l.Jufriyanto-18201503020115- Daftar Pustaka-PBS.pdf

Download (23kB)
[img] Text
b. Jufriyanto-18201503020115-Pernyataan Keaslian Tulisan-PBS.pdf

Download (33kB)

Abstract

Kata Kunci: Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance, Kepuasan Nasabah Tangible merupakan kemampuan dalam menampilkan fasilitas fisik, meningkatkan kondisi gedung yang bersih, dan tempat parkir yang aman, empathy sebagai bentuk perhatian pribadi, memahami kebutuhan pelanggan adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah, reliability merupakan kemampuan karyawan untuk meningkatkan pelayanan dengan tepat waktu, responsiveness merupakan kemampuan karyawan untuk meningkatkan kecepatan dalam bertugas untuk menanggapi permintaan nasabah, assurance merupakan kemampuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta sifat yang dapat dipercaya dalam menangani keluhan nasabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk menganalisis adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep; kedua, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep; ketiga, untuk mengnalisis kualitas pelayanan apa yang memilki pengaruh paling besar terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis asosiatif kausal dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen, jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, terdapat pengaruh yang signifikan variabel tangible terhadap kepuasan nasabah. Dengan nilai thitung = 3,627 > ttabel = 1,66235, nilai koefisien regresi sebesar 1,061 (taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05), hal ini berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Pada variabel empathy diperoleh nilai thitung = 4,911 > ttabel = 1,66235, nilai koefisien regresi sebesar 1,562 (taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05) ; kedua, nilai R square 0,664 atau 66,4% yang berarti bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 66,4% sedangkan sisanya (100% - 66,4% = 33,6%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Variabel empathy/empati mempunyai nilai variabel paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah khususnya di KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep, alasannya karena variabel empathy/empati memiliki nilai koefisien regresi terbesar yaitu 1,562 jika dibandingkan dengan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 08 Jul 2021 00:50
Last Modified: 24 Jan 2023 07:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1661

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item