Strategi Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Pada Produk Pembiayaan Qardhul Hasan Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Mitra Di KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Guluk-guluk Sumenep

Weny Yanti, Nur Diana (2021) Strategi Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Pada Produk Pembiayaan Qardhul Hasan Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Mitra Di KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Guluk-guluk Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Cover.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Halaman pengesahan stempel.pdf

Download (147kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kata Kunci : Segmentasi Target Posisi Pasar, Qardhul Hasan Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas pangsa pasarnya. Segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar merupakan elemen terpenting dalam pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan suatu lembaga keuangan syariah dalam memilih pasar mereka. BMT NU Cabang Guluk-guluk menerapkan strategi segmenting, targeting dan positioning sebagai proses awal sebelum menawarkan produk-produk pembiayaannya. Salah satu produknya yaitu pembiayaan Qardhul Hasan dimana produk ini merupakan suatu pinjaman lunak yang diberikan atas dasar kewajiban sosial semata. Dengan diterapkannya strategi STP ini, BMT NU Cabang Guluk-guluk mampu menawarkan produk-produk pembiayannya dengan tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui empat tahapan; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui dua teknik; ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Guluk-guluk Sumenep dalam upaya peningkatan jumlah mitra yaitu pertama, menerapkan segmentasi geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku. Kedua, target pasar menunjuk pada masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah seperti pengusaha kecil dan petani. Ketiga, posisi pasar dilakukan dengan mendesain citra lembaga dengan baik. Strategi STP yang diterapkan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Guluk-guluk Sumenep pada produk pembiayaan Qardhul Hasan dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 09 Jul 2021 06:06
Last Modified: 30 Jan 2023 04:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1698

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item