Implementasi strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan

Dasuki, Moh (2021) Implementasi strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Cover_PBS.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Halaman Pengesahan_PBS.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Abstrak_PBS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_BAB I_PBS.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_BAB 2_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_BAB 3_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_BAB 4_PBS.pdf

Download (944kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_BAB 5_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Moh Dasuki_20160703020119_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi marketing, tabungan tarbiyah, BMT. BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan menerapkan berbagai macam produk penghimpun dana yang salah satunya adalah produk tabungan tarbiyah. Dengan adanya produk tabungan tarbiyah tersebut, maka diperlukan sebuah cara agar bisa lebih berproduktif guna pendidikan masyarakat, salah satunya dengan cara strategi marketing. Akan tetapi dengan tingkat persaingan yang ketat antar koperasi, hal ini membutuhkan upaya atau langkah yang berbeda dalam memikat hati masyarakat. Oleh karena itu, ada tiga hal yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini, yaitu:Pertama,apa saja strategi marketing pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Kedua, Bagaimana efektivitas strategi marketing di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Ketiga, Apa saja analisis SWOT pada produk tabungan tarbiyah di BMT UGT Sidogiri capem Pegantenan Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak BMT UGT Sidogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Strategi marketingyang dilakukan adalah dengan menggunakan elemen segmenting, targeting dan positioning.Segmenting dilakukan dengan cara memilah-milah pasar terlebih dahulu, targeting dengan cara tidak hanya memfokuskan pada satu pasar saja tapi untuk beberapa wilayah yang bisa dijangkau, dan positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang berdasarkan hukum-hukum Islam.Kedua, Efektivitasdari strategi marketing segmenting, targeting dan positioning sangat baik, dengan bersosialisasi langsung, serta antar jemput bagi yang menabung, sehingga dapat mempertahankan eksistensi efektifitas jumlah tabungan anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:43
Last Modified: 25 Jan 2023 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1710

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item