Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan

Qoyyimah, Qoyyimah (2021) Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Cover_PBS.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Lembar Persetujuan_PBS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Abstrak_PBS.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Bab I_PBS.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Bab II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Bab III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Bab IV_PBS.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Bab V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Daftar Rujukan_PBS.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Qoyyimah_20170703022168_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (249kB)

Abstract

Kata Kunci : Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah. Perekonomian suatu negara memiliki peran utama dalam menyediakan fasilitas jasa dibidang keuangan oleh lembaga keuangan. Salah satu lembaga keuangan selain bank yang dapat memberikan pinjaman kepada masyarakat adalah Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian. Perusahaan harus mampu meningkatkan dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Perusahaan dalam menciptakan kepuasan nasabah tidak hanya menjadikan kualitas layanan sebagai tolak ukurnya, tetapi perusahaan juga harus menumbuhkan kesan yang baik yang diingat oleh nasabah dengan meningkatkan citra perusahaan. Nasabah yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan akan menjadi loyal dan memiliki rasa kesetiaan terhadap perusahaan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif klausal atau penjelasan dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan pada nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden yang diambil dengan teknik insidential sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung 3,338 dan 4,757 > ttabel 1,98525 dan tingkat signifikansi 0,001 dan 0,000 < 0,05. Citra perusahaan dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung 25,427 > Ftabel 3,94 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Citra perusahaan, kualitas layanan, dan kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung 2,668; 2,696; dan 2,031 > ttabel 1,98552 dan tingkat signifikansi 0,009; 0,008; dan 0,045 < 0,05. Citra perusahaan, kualitas layanan, dan kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung 15,821 > Ftabel 3,09 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasaan nasabah tidak dapat memediasi pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung 1,61837 < ttabel 1,66071. Kepuasan nasabah dapat memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung 1,66073 > ttabel 1,66071. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa sumbangan citra perusahaan, kualitas layanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah sebesar 33,8% dan sisanya 66,2% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:26
Last Modified: 25 Jan 2023 00:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1712

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item