Suanto, Sholeh (2021) Pendidikan Kecakapan Hidup (life Skill) Melalui Pendidikan Keterampilan Dalam Kurikulum Madrasah di MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep. Masters thesis, IAIN Madura.
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Cover_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (179kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Pernyataan_ Keaslian_Tulisan_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (192kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Lenbar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (158kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Lembar_Pengesahan_Dewan_Penguji_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (219kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Absrak_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (585kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Daftar_Isi_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (270kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB I_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (439kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB II_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB III_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB IV_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (544kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB V_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (486kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_BAB VI_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
Suanto Sholeh_20170721060_Daftar_Pustaka_PAI.pdf - Fajri Yati.pdf Download (382kB) |
Abstract
ABSTRAK Suanto Sholeh, 2021, Pendidikan Kecakapan Hidup (life Skill) Melalui Pendidikan Keterampilan Dalam Kurikulum Madrasah di MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I. dan Dr. Buna'i, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Kecakapan Hidup, Keterampilan, dan Pendidikan. Pendidikan kecakapan hidup (life skill) adalah kemampuan atau kecakapan yang harus dimiliki oleh sesoarang agar mampu beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga hidupnya tidak tertekan dan siap menghadapi problem dalam masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) melalui pendidikan keterampilan dalam kurikulum madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana konsep pendidikan kecakapan hidup (life skill) di MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep. (2) Bagaimana model pendidikan keterampilan di MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep. (3) Bagaimana hasil pengembangan model pendidikan keterampilan dalam kurikulum madrasah di MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian ini yaitu mengenai pendidikan kecakapan hidup (life skill) melalui pendidikan keterampilan melalui kurikulum madrasah di MA Nurul Ulum. dan subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan guru pembimbing keterampilan MA Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, antara lain: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan kecakapan hidup merupakan reorientasi pendidikan yang bersifat mendasar, maka pada aspek manajemen sekolah juga perlu diperhatikan penyamaan pemahaman antar seluruh warga sekolah, sehingga perwujudan pendidikan kecakapan akan tercapai, dan keterampilan yang diberikan kepada siswa dalam menghadapi problematika yang ada di lingkungannya menjadi Tangguh, bahkan siswa dapat secara aktif dan kreatif dalam memberi solusi untuk mengatasi problematika tersebut. (2) Agar pelaksanaan dan model pengembangan program keterampilan ini berjalan efektif, maka program keterampilan dilaksanakan melalui tiga kelas, yaitu kelas komputer, menjahit, dan kaligrafi dengan ketentuan masing-masing siswa berhak memilih satu jenis keterampilan yang sesuai dengan minat siswa. Namun meskidemikian, tetap disesuaikan dengan pengembangan model pendidikan keterampilan yang dilakukan dengan pengembangan kurikulum pendidikan keterampilan. Kemudian metode yang digunakan dalam pembelajarannya adalah metode demonstrasi, ceramah (penjelasan teori), latihan, serta problem solving. i Tujuan utama pendidikan keterampilan di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Ulum Banmaleng Giligenting Sumenep adalah mencetak output yang mampu menghadapi problematika yang ada di lingkungannya. (3) Dalam pengembangan kurikulum program pendidikan keterampilan ini meliputi identifikasi jenis keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, dengan cara mendengarkan serap aspirasi dari masyarakat sekitar. Dan dari keinginan masyarakat tersebut MA Nurul Ulum menetapkan jenis-jenis keterampilan yang akan dipilih sesuai dengan minat siswa. Maka dengan demikian, tujuan dari pendidikan keterampilan akan tercapai sesuai dengan kurikulum yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? m_014 ?? |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr rony hari |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 03:34 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1800 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |