Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar AUD di TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang

Ula, Ainun (2021) Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar AUD di TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (204kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (64kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (384kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_BAB I_PIAUD.pdf

Download (451kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (544kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (388kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (72kB)
[img] Text
AINUN ULA_20170701062006_RIWAYAT HIDUP_PIAUD.pdf

Download (192kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar TK Pembangunan Sampang salah satu Taman Kanak-Kanak yang menggunakan manajemen kelas. Salah satu orang yang berperan adalah kepala TK dan wali kelas. Pada dasarnya guru harus mampu dalam mengatur, mengelola dan atau memenejemen kelas yang mampu menciptakan suasana yang memungkinkan anak didik untuk belajar. Sebagai seorang guru, motivasi anak sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Kawasan menuntut ilmu yang positif dapat membantu anak didik akan belajar dengan positif. Masalah ini tentunya dapat memotivasi murid untuk fokus pada pembelajaran.Maka dari itu, tata kelola kelompok yang positif sangat diperlukan buat mengoptimalkan pikiran anak dan menumbuhkan motivasi belajar anak. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama tentang Bagaimana pelaksanaan strategi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar AUD di TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang, dan yang kedua tentang faktor pendukung dan faktor penghambat strategi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar AUD di TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Infomennya adalah kepala TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang dan beberapa guru wali kelas. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan triangulasi dan pengecekan anggota. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Perencanaan dan pelaksanaan strategi maanjemen kelas di TK Pembangunan Sampang yaitu, dengan mengatur sarana dan prasarana ruangan, mengubah model kursi dan meja, dan menyimpan alat bermain sesuai dengan fungsinya; pelaksanaan manajemen kelas mentranfer dari apa yang sudah direncanakan oleh semua guru sebelumnya dan disetujui oleh semua elemen sekolah. kedua Faktor yang mendukung yaitu terealisasinya kerjasama yang baik antara kepala TK dengan para guru yang lain di TK dalam mendidik dan membimbing motivasi anak didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya alat-alat pelaratan kelas atau media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:28
Last Modified: 20 Apr 2022 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2176

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item