Pengguan Prangkat Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI Di SMA Negeri 4 Pameksan

Hilda, Isdana (2021) Pengguan Prangkat Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI Di SMA Negeri 4 Pameksan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a.isdana hilda 20170701012057 COVER PAI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
b.Isdana hilda_20170701012057_lembar persetujuan PAI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
c. Isdana Hilda_20170701012057_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
e.Isdana Hilda_20170701012057_Abstrak_PAI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
d.isdana hilda 20170701012057_DAFTAR ISI PAI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
f. Isdana Hilda_20170701012057_BAB I_PAI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
g. Isdana Hilda_20170701012057_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
h Isdana Hilda_20170701012057_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
i Isdana Hilda_20170701012057_BAB IV_PAI.pdf

Download (699kB)
[img] Text
j. Isdana Hilda_20170701012057_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
k. Isdana Hilda_20170701012057_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Isdana Hilda_20170701012057_Surat_Peryataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Kata Kunci : Multimedia, Motivasi Belajar, PAI Multimedia merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen informasi yang digunakan sebagai sarana menyampaikan tujuan tertentu. Elemen informasi yang dimaksud tersebut di antaranya teks, grafik, gambar, foto, animasi, audio, dan video. Multimedia merupakan gabungan dari berbagai macam media, baik untuk tujuan pembelajaran maupun tujuan yang lain. motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif dan reaksi untuk mencapai tujuan. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: (1) Bagaimana penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 4 Pamekasan(2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dari penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA negeri 4 pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian lapangan. sumber data penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data di lakukan melalui ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 4 Pamekasan, dalam proses belajar mengajar tidak selamanya berjalan dengan efektif. Tidak jarang di jumpai beberapa siswa dalam mengikuti pembelajaran masih ada yang mengalami kebosanan saat mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama islam. Sehingga guru pendidikan agama islam berinisiatif menggunakan perangkat multimedia dengan diterapkannya multimedia siswa sangat bersemangat dan lebih mengerti atau paham ketika guru pendidikan agama islam menggunakan pembelajaran yang konvensional. Guru yang mengajar di SMA Negeri 4 Pamekasan Sudah melakukan penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dimulai dengan menyediakan proyektor, kemudian, memberikan sedikit motivasi dan tujuan pembelajaran. Setelah itu, menjelaskan mengenai materi pembelajaran, disaat pembelajaran memberikan contoh gambar ataupun memutarkan video yang terkait dengan materi. Tahap terakhir, mengevaluasi siswa seperti kuis.(2)faktor penghambat dan pendukung dari penerapan perangkat multimedia dalam meningkatkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA negeri 4 pamekasan. Alat media untuk mendukung siswa agar lebih termotivasi dalam menggunakan media proyektor, karena dengan adanya proyektor dapat memberikan penjelasan yang detail kepada siswa dan memberikan bukti nyata. sebagai siswa sangat mendukung adanya media proyektor, karena menurut saya itu sangat termotivasi adanya media proyektor tersebut dalam proses pembelajaran. Contohnya guru menjelaskan materi dengan memberikan video dan gambar melalui proyektor jadi saya tidak merasakan bosan ataupun jenuh dalam pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71F ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:18
Last Modified: 14 Apr 2022 03:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2400

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item