Internalisasi Nilai Karakter Displin Siswa Melalui Penciptaan Iklim Madrasah yang Berprestasi di MA Mifahul Qulub Polagan

Anam, Badrul (2021) Internalisasi Nilai Karakter Displin Siswa Melalui Penciptaan Iklim Madrasah yang Berprestasi di MA Mifahul Qulub Polagan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Badrul Anam-2017071041034-Sampul-MPI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
c. Badrul Anam-2017071041034-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
d. Badrul Anam-2017071041034-Halaman Pengesahan-MPI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
e. Badrul Anam-2017071041034-Abstrak-MPI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
f. Badrul Anam-2017071041034-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
g. Badrul Anam-2017071041034-BAB I-MPI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
h. Badrul Anam-2017071041034-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
i. Badrul Anam-2017071041034-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
j. Badrul Anam-2017071041034-BAB IV-MPI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
k. Badrul Anam-2017071041034-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
l. Badrul Anam-2017071041034-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
b. Badrul Anam-2017071041034-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kata Kunci: Karakter Displin, Iklim Madrasah Berprestasi. Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk mengetahui internalisasi nilai karakter disiplin siswa melalui penciptaan iklim madrasah yang berprestasi di MA Miftahul Qulub Polagan. Dalam penelitiam ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu rancangan, pelaksanaan dan evaluasi program internalisasi karakter disiplin melalui penciptaan iklim madrasah yang berprestasi di MA Miftahul Qulub Polagan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa hasil wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan di MA Miftahul Qulub Polagan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi dengan narasumber kepala sekolah, Guru BK, Waka Kesiswaan dan siswa MA Miftahul Qulub Polagan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa internalisasi nilai karakter disiplin siswa melalui penciptaan iklim madrasah yang berprestasi di MA Miftahul Qulub Polagan, dilaksanakam melalui tiga program. Pertama, Program Layanan Bimbingan dan Konseling. Pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik yang meliputi pembinaan, pelaksanaan dan hasil dari layanan tersebut. Adapun pembinaan dalam layanan bimbingan dan konseling dilakukan dengan cara konseling individu dan kelompok. Kedua, Program Pembinaan Pengembangan OSIS. Dalam pelaksanaanya masing-masing perangkat OSIS memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda sesuai tupoksinya masing. Pembina OSIS secara umum bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah. Ketiga, Program Bimbingan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). pelaksanaan program bimbingan kompetensi sains madrasah (KSM) dilaksanakan setelah pihak madrasah melakukan seleksi khusus untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa yang memenuhi persyaratan mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota atau penunjukan langsung oleh guru berdasarkan hasil prestasi akademik selama proses pembelajaran di madrasah. berdasarkan hasil evaluasi prestasi akademik program kompetensi sain madrasah yang telah dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 nilai rata-rata pengetahuan siswa di semester ganjil yaitu 84, sedangkan nilai rata-rata keterampilannya 86. Adapun nilai rata�rata pengetahuan di semester genap yaitu 85, sedangkan nilai rata-rata keterampilannya yaitu 87. Hasil dari evaluasi tersebut diharapakan menjadi acuan untuk meningkat program tersebut pada tahun-tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:18
Last Modified: 14 Apr 2022 02:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2449

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item