Sutrisno, Yahya (2021) Strategi Promosi Dalam Upaya Menambah Jumlah Anggota Pengguna Produk Modal Usaha Barokah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Cover_PBS.pdf Download (151kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf Download (356kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf Download (183kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Abstrak_PBS.pdf Download (187kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (291kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_BAB_I_PBS.pdf Download (435kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_BAB_II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_BAB_III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_BAB_IV_PBS.pdf Download (486kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_BAB_V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (296kB) |
|
Text
Yahya Sutrisno_20170703021224_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PBS.pdf Download (273kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Promosi, Produk Modal Usaha Barokah. Lembaga keuangan syariah seperti Baitul Mal Wattamwil dalam operasionalnya memerlukan dana. Funding dan lending menjadi fungsi utama dalam menjalakan operasionalnya. Salah satu Produk pembiayaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan ini yaitu UGT MUB atau Modal Usaha Barokah yang merupakan fasilitas Pembiayaan modal kerja bagi anggota yang mempunyai usaha mikro dan kecil, pembiayaan ini sebagai alternatif masyarakat atau anggota untuk memperoleh modal dengan sistem yang mudah, adil dan maslahah. Strategi promosi haruslah efektif dan menarik dalam memberikan informasi agar masyarakat tertarik dan berkenan bergabung. Penelitian ini memfokuskan pada strategi promosi dan efektivitas promosi pada produk modal usaha barokah di BMT UGT sidogiri cabang pamekasan. Kareana strategi promos yang efektif akan berdampak terhadap bertambahnya anggota atau lembaga sekolah yang ingin bergabung di produk Pembiayaan (Modal Usaha Barokah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan Wawancara, akan tetapi menggunakan wawancara tidak tersruktur, observasi partisipan dan nonpartisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu karyawan bagian AOSP (Account Officer Simpan Pinjam) dan anggota pengguna modal usaha barokah. Proses pengumpulan data mengambil dari wawancara karyawan, teori di buku dan data anggota pada server BMT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). strategi promosi yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, public relation, dan direct marketing 2). Efektivitas dari penerapan strategi Promosi Produk Modal Usaha Barokah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yang direncanakan telah terealisasi dengan baik dengan etika yang sesuai dengan syariah dan Strategi promosi yang diterapkan efektif dalam menambah anggota baru pada produk modal usaha barokah. Jika dilihat dari masing – masing elemen promosi yang paling efektif menarik perhatian, ketertrikan, keinginan dan tindakan yaitu dengan Penjualan pribadi dan pemasaran langsung kepada target. Untuk periklanan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat hanya mampu menciptakan perhatian dan ketertarikan target sasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2456 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |