Sari, Luluk Maulinda (2021) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Cover_PBS.pdf Download (211kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf Download (177kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Halaman Pengesahan_PBS.pdf Download (258kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Abstrak_PBS.pdf Download (88kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Daftar isi_PBS.pdf Download (97kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_BAB I_PBS.pdf Download (428kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_BAB IV_PBS.pdf Download (376kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (201kB) |
|
Text
Luluk Maulinda Sari_20170703022114_Surat Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (232kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, KPR Syariah Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas pangsa pasarnya. Segmentation, Targeting, Positioning merupakan elemen terpenting dalam pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan suatu lembaga keuangan syariah dalam memilih pangsa pasar mereka. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan menerapkan strategi pemasaran segmentation, targeting, positioning sebagai proses awal sebelum menawarkan produk pembiayaannya. Salah satu produknya yaitu pembiayaan KPR Syariah dimana produk ini merupakan suatu pinjaman atau pembiayaan bagi masyarakat yang membutuhkan atau membeli tempat tinggal impiannya serta yang layak bagi keluarganya. BPRS Bhakti Sumekar memiliki keunggulan pada produk pembiayaan KPR Syariah yaitu bebas biaya admin, angsuran tetap, serta margin yang kompetitif dan lokasi strategis mudah dijangkau masyarakat. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana implementasi startegi pemasaran segmentation, targeting, dan positioning produk pembiayaan KPR Syariah dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas implementasi strategi pemasaran segmentation, targeting dan positioning produk pembiayaan KPR Syariah dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil penelitian berisi kutipan-kutipan dari data yang telah dikumpulkan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah yaitu pertama, menerapkan startegi segmentasi geografis, demografis, psikografis. Kedua, targeting yaitu masyarakat yang mempunyai pendapatan tetap dan pekerjaan tetap seperti TNI, PNS, Polri serta karyawan lainnya. Ketiga, positioning yaitu mendesain citra lembaga yang baik serta pengomptimalan pelayanan nasabah yang baik. Dapat dikatakan strategi pemasaran STP yang diterapkan di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan pada produk pembiayaan KPR Syariah dinilai efektif dikarenakan jumlah nasabah dari tahun ke tahun meningkat. Meningkatnya jumlah nasabah dikarenakan pelayanan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m73C ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:04 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2465 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |