Pemanfaatan Sumber Belajar Sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan

Wulandari, Tria Ayu (2021) Pemanfaatan Sumber Belajar Sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_SAMPUL_MPI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_BAB I PENDAHULUAN_MPI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_BAB II KAJIAN PUSTAKA_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_BAB III METODE PENELITIAN_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_BAB IV_MPI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Tria Ayu Wulandari_18381042154_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (478kB)

Abstract

Kata Kunci: sumber belajar, keberhasilan kurikulum, kendala dan alternatif Sumber belajar merupakan bagian penting dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan. Melalui sumber belajar peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran lebih optimal. Hal ini dikarenakan dengan adanya sumber belajar peserta didik menjadi semakin tertarik dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan ini maka akan sangat penting sekali dalam suatu lembaga pendidikan untuk dapat memanfaatakan seluruh sumber belajar yang ada dengan sebaik dan seoptimal mungkin. Dalam penelitian ini terdapat tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian penelitian yaitu: Pertama, yaitu terkait dengan bagaimana pemanfaatan sumber belajar sebagai penunjang pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan. Kedua, yaitu terkait dengan bagaimana gambaran keberhasilan kurikulum melalui pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 4 Pamekasan. Ketiga, yaitu terkait dengan apa saja kendala dan alternatifnya dalam pemanfaatan sumber belajar sebagai penunjang pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang pada penelitian ini sumber data yang diperoleh oleh peneliti melalui kegiatan wawancara (semi terstruktur), observasi (non partisipan), dan dokumentasi. Ada beberapa pihak yang menjadi narasumber dalam kegiatan penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru SMA Negeri 4 Pamekasan, dan Peserta Didik. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Di SMA Negeri 4 Pamekasan ini dalam pemanfaatan sumber belajarnya tergolong dalam enam jenis yaitu pesan (RPP, cerita rakyat, dongeng, dan fakta), manusia (guru), bahan (buku, slide materi, dan video pembelajaran), peralatan (LCD proyektor, speaker, alat praktik, HP untuk mengakses WAG, zoom meeting, edmodo, dan google classroom), teknik atau metode (ceramah, presentasi, diskusi kelompok, praktik), dan lingkungan (taman, gedung kelas, laboratorium, dan suasana belajar). Kedua, Gambaran keberhasilan kurikulum di SMA Negeri 4 Pamekasan yaitu dilihat melalui pencapaian hasil belajar siswa baik itu dibidang akademik maupun non akademik, baik pencapaian tersebut di dalam kelas maupun melalui prestasi dalam mengikuti lomba pada berbagai tingakatan. Juga dilihat dari jumlah peserta didik SMA Negeri 4 Pamekasan yang diterima diberbagai perguruan tinggi favorit. Ketiga, kendala dan alternatif dalam pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 4 Pamekasan ini yaitu terkait dengan gangguan teknis seperti pemadaman listrik dan dengan ini alternatif yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan sumber belajar yang lain. Kendala lain yaitu terkait dengan waktu kegiatan pembelajaran yang minim akibat pandemi Covid-19, dan alternatifnya yaitu dengan memilih sumber belajar yang mudah dimanfaatkan dan tidak membutuhkan waktu banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m71I ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:53
Last Modified: 14 Apr 2022 01:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2475

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item