Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Rahn(Gadai) di BMT UGT Cabang Pembantu Omben Sampang

Aimanah, Nurul (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Rahn(Gadai) di BMT UGT Cabang Pembantu Omben Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_Cover_PBS.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022164_Lembar_Persetujuan_PBS.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_Abstrak_PBS.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_BAB I_PBS.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_BAB IV_PBS.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022162_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Nurul Aimanah_20170703022164_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (67kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Anggota Konsumen atau pelanggan mempunyai arti yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan pelanggan menentukan kelangsungan hidup atau perkembangan suatu kegiatan bisnis. Perusahaan yang ingin berkembang dituntut untuk memberikan kepuasan kepada anggota produk berupa barang atau jasa yang bermutu lebih baik, penyerahan lebih cepat dan pelayanan yang lebih baik dari pada pesaingnya. Agar anggota merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota. Kepuasan anggota dapat diciptakan melalui kualitas pelayaan dan kualitas produk. Secara khusus penelitian ini membahas tentang kepuasan anggota terhadap pembiayaan rahn(Gadai) di BMT UGT Cabang Pembantu Omben Sampang. Penelitian ini menguji dua variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kualitas produk, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap variabel dependen yaitu kepuasan anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausal. Dari populasi sebesar 300 anggota, diambil sampel sebanyak 75anggota pembiayaan rahn. Teknik aalisis menggunakan analisis regresi linier berganda meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan tehadap kepuasan anggota dengan nilai thitung2,745>ttabel 1,993 dan nilai signifikansi 0,008<� = 0,05 hal tersebut karena kualitas pelayanan yang diberikan oleh BMT UGT Cabang Pembantu Omben sangat baik diantaranya, memberikan 3S (senyum, sapa, salam) kepada anggota yang akan bertransaksi. Kedua kualitas produk berpengaruh secara signifikan tehadap kepuasan anggota dengan nilai thitung3,402< ttabel 1,993 dan nilai signifikansi 0,001< � = 0,05 hal ini karena anggota merasa puas dengan kualitas produk rahn seperti mudahnya pencairan dana, ketetapan dan kesesuaian produk pembiayaan rahn BMT UGT Cabang Pembantu Omben Sampang sangat baik, spesifikasi produk pembiayaan rahn yang ditawarkan sesuai dengan di lapangan. Ketiga kualitas pelayanan dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasn anggota dengan nilai Fhitung9,455>Ftabel 3,97 nilai signifikan sebesar 0,000 <�= 0,05 dengan nilai R2 sebesar 208. Persamaan regresi yang diperoleh sebagai berikut: Y = 17,144 + 0,406X1 + 0,279X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? 33B6 ??
?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:37
Last Modified: 11 Apr 2022 02:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2649

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item