Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Gadai Emas (Ar-Rahn) Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan

Marinda, Siska (2021) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Gadai Emas (Ar-Rahn) Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Cover_PBS.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Lembar persetujuan_PBS.pdf

Download (774kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Lembar pengesahan_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Abstrak_PBS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Daftar Isi_PBS.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_BAB I_PBS.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_BAB IV_PBS.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Siska Marinda_20170703022197_Surat keaslian tulisan_PBS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah Saat ini, keberadaan lembaga keuangan sangat dibutuhkan di berbagai tempat karena tidak hanya sebagai tempat penyimpanan uang saja, melainkan juga sebagai tempat dimana calon nasabah dapat mengakses pinjaman uang tunai. Gadai emas merupakan salah satu fasilitas peminjaman uang tunai yang dapat diperoleh dengan menyediakan jaminan asset atau harta. Gadai emas di Bank Syariah dapat dilakukan melalui beberapa pilihan akad seperti akad Qardh dalam rangka Rahn dan akad Ijarah. Kualitas layanan dan kualitas produk sangat diperlukan oleh lembaga keuangan agar bisa mempengaruhi tingkat kepuasan yang didapat nasabah dan terus menggunakan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bahkti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 84 responden dengan menyebarkan kuesioner pada anggota produk gadai emas (Ar-Rahn). Hasil penelitan berdasarkan hasil uji t untuk variabel kualitas layanan yaitu memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung 2,213 > ttabel 1,98932 dan taraf signifikan 0,030 < 0,05. Untuk variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah diperoleh oleh nilai thitung 3,038 > ttabel 1,98932 dan taraf siginifikan 0,003 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk secara bersama-sama atau serentak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung 58,382 > Ftabel 3,11 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? 33B6 ??
?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:51
Last Modified: 07 Apr 2022 01:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2726

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item