Jumriyah, Jumriyah (2022) Penerapan Metode Diskusi Untuk Mengembangkan Soft Skill Komunikasi Siswa di MTS AzZubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Jumriyah_18381042064_Cover_MPI.pdf Download (300kB) |
|
Text
c) Jumriyah_1838102064_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (122kB) |
|
Text
d) Jumriyah_18381042064_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (201kB) |
|
Text
e) Jumriyah_18381042064_Abstrak_MPI.pdf Download (88kB) |
|
Text
f) Jumriyah_18381042064_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (226kB) |
|
Text
g) Jumriyah_1838102064_BAB I_MPI.pdf Download (491kB) |
|
Text
h) Jumriyah_1838102064_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
|
Text
i) Jumriyah_1838102064_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
j) Jumriyah_1838102064_BAB IV_MPI.pdf Download (616kB) |
|
Text
k) Jumriyah_18381042064_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
l) Jumriyah_18381042064_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (97kB) |
|
Text
b) Jumriyah_1838102064_Surat_Pernyataan_MPI.pdf Download (154kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Diskusi, Soft Skill, Komunikasi Dalam mengembangkan soft skill komunikasi siswa, maka salah satunya itu dengan cara menggunakan metode diskusi. Soft skill merupakan keterampilan seseorang yang mempunyai kelebihan dan kemampuan. soft skill berkaian dengan kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, keterampilan berbicara, berkomunikasi yang baik Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana guru mengembangkan soft skill komunikasi siswa di MTs Az-Zubair dengan menggunakan penerapan metode diskusi, kedua Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, ketiga bagaimana manfaat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa di MTs AzZubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. penelitian ini menggunakan Pendekatan yang digunakan dalam adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif. Tehnik pengumpuln data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi nara sumber adalah Kepala Sekolah, Guru, dan siswa MTs Az-Zubair Sumber Anyar. Data yang diperoleh dianalisis melalui 3 tahap, yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang mendalam dan triangulasi, triangulasi disini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa. Yaitu di lembaga az-zubair menganjurkan prnggunaan metode diskusi dari pada metode lain, kemudian guru membuat prangkat pembelajaran dengan mengaitkan materi pelajaran dengan menggunakan metode diskusi, sehingga siswa dapat aktif dan berkomunikasi satu sama lain. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan sotf skill komunikasi, faktor pendukung, kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan menggunakan metode diskusi dengan waktu yang cukup singkat, adanya sarana prasarana seadanya, adanya minat pembelajaran yang tinggi dari siswa. Sedangkan faktor penghambatnya dalam menggunakan penerapan metode dikusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa pada saat pembelajaran yitu singkatnya waktu, siswa bersal dari daerah berbeda dengan latar belakang yang berbeda. Ketiga, manfaat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa. Manfaatnya, materi pelajaran lebih mudah dicerna, dapat meningkatkan kosa kata kebahasaan siswa, mengembangkan dan membiasakan berfikir kritis, melatih kemampuan berbicara, serta menambah wawasan baru kepada peserta didik, saling menghargai satu sama lain, berani mengemukakan pendapat, perkembangan komunikasi lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 19 May 2022 02:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:14 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2894 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |