Implikasi Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Gadai Emas Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan

EDIYANTO, ROBET (2022) Implikasi Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Gadai Emas Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Cover_Perbankan Syariah.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Halaman_Persetujuan_Perbankan Syariah.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Halaman_Pengesahan_Perbankan Syariah.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Abstrak_Perbankan Syariah.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Daftar Isi_Perbankan Syariah.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Bab I_Perbankan Syariah.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Bab II_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Bab III_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Bab IV_Perbankan Syariah.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Bab V_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Daftar Pustaka_Perbankan Syariah.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Robet Ediyanto_18383021159_Keaslian_Tulisan_Perbankan Syariah.pdf

Download (151kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Gadai Emas, dan Kepuasan Nasabah. BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan mengupayakan kepuasan nasabah dengan memberikan pelayanan sesuai dengan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Sehingga nasabah akan merasa puas apabila mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan apa yang nasabah harapkan. BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan juga selalu mengembangkan kualitas produk yang salah satu produknya yaitu gadai emas, dengan sangat menjamin kualitas produk serta memberikan keaslian produk dengan tujuan untuk mempermudah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk gadai emas baik itu secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan yang berjumlah 224 nasabah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 144 orang nasabah. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian adalah accidental sampling. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 27,757 > nilai Ftabel 3,059 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka, variabel kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) di BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan. 2) Secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 4,555 > nilai ttable 1,655, dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 3) Secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 1,742 > nilai ttable 1,655, dan taraf signifikan sebesar 0,084 > 0,05

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? 33B6 ??
?? m73C ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:45
Last Modified: 18 Jul 2023 03:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2960

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item