Hayati, Ummatul (2022) Efektifitas Layanan Konseling Kelompok REBT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ummatul HayatiI_18381092116_Cover_BKPI.pdf Download (239kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (232kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf Download (365kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Abstrak_BKPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Daftar Isi_BKPI.pdf Download (156kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_BAB I _BKPI.pdf Download (402kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_BAB II_BKPI.pdf Download (594kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_BAB IV_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Daftar Pustaka_BKPI.pdf Download (275kB) |
|
Text
Ummatul Hayati_18381092116_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_BKPI.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, REBT dan Motivasi Belajar Siswa Dari beberapa layanan bimbingan konseling yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah motivasi belajar adalah layanan Bimbingan Kelompok dengan pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy). Konseling kelompok sebagai upaya pembimbing atau konselor membantu memecahkan masalahmasalah pribadi yang dialami oleh masing-masing peserta didik melalui kegiatan kelompok agar tercapai perkembangan yang optimal. REBT merupakan pendekatan behavior cognitive yang menekankan keterkaitan antara perasaan, tingkah laku dan pikiran. Berdasarkan hal tersebut terdapat satu permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh layanan konseling kelompok REBT terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pakong Pamekasan dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok REBT terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan preexperimental design dengan desain One group pretest-posttest design. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sampel penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI IPS. Selain angket juga dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, siswa dan guru BK sebagai informan di SMAN 1 Pakong Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: layanan konseling kelompok REBT efektif jika digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. hasil analisis data yang didapatkan di lapangan menunjukkan bahwa terdapat perubahan skor siswa yang signifikan antara pre-test dan post-test. Rata-rata nilai hasil pre-test motivasi belajar siswa yakni 61.63 rata-rata hasil post-test dengan jumlah 86.25 bisa dilihat dari hasil tersebut rata-rata skor siswa lebih tinggi setelah pemberian treatment. Hasil output pengambilan hipotesis sebesar 0,012(<0,05) maka Ha diterima, maka layanan konseling kelompok REBT efektif jika digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3117 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |