Oktavia, Sandra (2021) Model Evaluasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Pkk Sopa’ah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_SAMPUL_PIAUD.pdf Download (49kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (50kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (79kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (38kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (37kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_BAB I_PIAUD.pdf Download (77kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_BAB IV_PIAUD.pdf Download (97kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (42kB) |
|
Text
SANDRA OKTAVIA_20170701062059_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (60kB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran daring, Covid-19 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat esensial bagi perkembangan anak. Adapun PAUD diartikan sebagai segenap upaya pendidikan dalam memfasilitasi Perkembangan dan belajar anak sejak lahir atau 0 tahun sampai dengan usia 6 tahun melalui penyediaan berbagai pengalaman dan rangsangan yang bersifat mengembangkan, terpadu, dan menyeluruh sehingga anak dapat berkembang secara sehat dan optimal sesuai dengan nilai dan norma yang dianut. Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana upaya guru dalam menerapkan model evaluasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran anak usia dini melalui model evaluasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di TK PKK Sopa’ah Pamekasan. Metode penelitain yang digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian di TK PKK Sopa’ah Pamekasan. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian ini adalah: Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menerapkan model evaluasi pembelajaran di masa pandemi yang pertama guru melakukan proses pembelajaran daring dengan menggunakan sarana dan prasarana yang berupa media sosial (Handphone, laptop, dan kuota internet). Kedua, guru menyiapkan RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) sebagai acuan materi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran daring. Ketiga, guru memberikan tugas yang akan dikerjakan dirumah. Tentunya dalam pengumpulan tugas tersebut dapat disetor atau dikumpulkan kepada guru melalui media foto atau video. Kemudian yang terakhir yaitu guru menjadikan satu tugas-tugas anak dalam bentuk portofolio atau hasil kerja anak supaya mempermudah proses evaluasi atau penilalian. Dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran anak usia dini yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang berupa seperangkat media yang berupa hp android atau laptop. Faktor penghambat terdiri dari keterbatasan penggunaan teknologi, dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:39 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3189 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |