Ambarwati, Sri (2022) Implementasi APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak (di kelompok B TK Dharma Wanita Tebul Timur Pegantenan Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_COVER_PIAUD.pdf Download (38kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PIAUD.pdf Download (249kB) |
|
Text
SRI AMBARWAT_18381062097_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (90kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (329kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (157kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_BAB I_PIAUD.pdf Download (361kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_BAB IV_PIAUD.pdf Download (737kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (265kB) |
|
Text
SRI AMBARWATI_18381062097_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (147kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti memperdalam keunikan dari media alat permainan edukatif papan berhitung dalam pengenalan matematika anak, yang di buat oleh salah satu guru memiliki inovasi terbaru untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan belajar mengajar pengenalan pembelajaran matematika agar tidak monoton dan mudah jenuh, dan kemampuan anak bisa berkembang dengan optimal, salah satunya dengan membuat media APE papan berhitung, yang mana APE yang di buat oleh salah satu guru di TK Dharma Wanita ini memiliki keunikan tersendiri, karena terbuat dari bahan yang gampang di temukan dan tidak memakan biaya yang mahal yaitu terbuat dari bahan alam berupa kardus yang kokoh yang di bentuk menjadi balok dan di atasnya di beri segi tiga sehingga berbentuk bangunan rumah, dan di lapisi dengan kertas Alaska warna-warni, di setiap sisi papan memuat pembelajaran matematika dasar, seperti menghubungkan, mengurutkan, membandingkan dan mengelompokkan selain itu di setiap sisi papan di ajarkan 4 tema dan sub tema yaitu tema alat trasportasi, alat komunikasi, kebutuhan dan tumbuhan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang di miliki anak dan pengembangan kreativitas dan daya nalar anak. uniknya lagi APE papan berhitung ini bisa di otak atik dan di bolak balik sehingga menjadi multi fungsi. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi mengunakan APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak, dan bagaimana implementasi pencapaian perkembangan anak dalam pengenalan matematika melalui pengunaan APE papan berhitung, tujuan dari penelitian ini 1) mendeskripsikan implementasi mengunakan APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak,2) mendeskripsikan pencapaian perkembangan anak dalam pengenalan matematika melalui pengunaan APE papan berhitung. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di TK DharmaWanita Tebul Timur ,data yang di peroleh yaitu dengan cara metode obsrvasi (pengamatan) wawancara dan dokumentasi, adapun tehnik analisisnya mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikkesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan perpanjang kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak guru memulai kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan terlebih dahulu secara pelan-pelan dan mendetail secara berulang- ulang dan di kombinasikan dengan bernyanyi dan guru jugamemberikan contoh agar anak bisa memahaminya, pada pencapaian perkembangan dalam pengunaan APE papan berhitung anak dapat mengembangkan aspek aspek pengembangan, dan kreativitas dan potensi yang di milki oleh anak dapat terasah dan terlatih, selain itu anak juga bisa memecahkan masalah sederhana, dan daya imajinasi dan menalarnyajuga dapat di kembangkan melalui pengunaan APE papan berhitung dalam pengenalan matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |