Strategi Marketing Produk Tabungan Sajadah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Larangan Pamekasan

Rizaldi, Jefri (2022) Strategi Marketing Produk Tabungan Sajadah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Cover_PBS.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Abstrak_PBS.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_BAB I_PBS.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_BAB IV_PBS.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (397kB)
[img] Text
Jefri Rizaldi_18383021089_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (347kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Marketing, Tabungan Sajadah (Simpanan Berjangka Wadi’ah Berhadiah) Strategi marketing merupakan logika pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai pelanggan (anggota) dan mencapai hubungan yang saling menguntungkan. Dalam konsep pemasaran produk yang akan di pasarkan harus jelas. Misalnya, seperti produk tabungan sajadah merupakan simpanan berjangka wadi’ah berhadiah yaitu simpanan dengan keuntungan yang dapat dinikmati di awal dengan memperoleh hadiah langsung tanpa diundi menggunakan akad Wadi’ah Yad Al-Dhamanah yaitu akad titipan (uang) yang diberikan kepada pihak BMT NU. Terdapat dua fokus penelitian yang diangkat dan dikaji dalam skripsi ini yaitu: Pertama, Bagaimana strategi marketing yang dilakukan BMT NU Cabang Larangan Pamekasan dalam meningkatkan jumlah anggota melalui produk tabungan Sajadah. Kedua, Bagaimana respon anggota terhadap tabungan Sajadah dalam upaya meningkatkan jumlah anggota BMT NU Cabang Larangan Pamekasan. Dari kedua fokus penelitian tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan sumber data diperoleh dari data primer. Informannya adalah kepala cabang, karyawan, dan anggota yang menggunakan produk tabungan sajadah di lembaga BMT NU Cabang Larangan Pamekasan. Sedangkan untuk prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa produk tabungan Sajadah merupakan produk unggulan di BMT NU salah satunya di BMT NU Cabang Larangan Pamekasan karena produk tabungan sajadah keuntungannya dapat dinikmati di awal dengan memperoleh hadiah langsung tanpa di undi, selain menjadi produk yang sangat diminati oleh anggota lama produk ini dapat menarik minat anggota baru untuk dapat bergabung di BMT NU, hal ini tidak terlepas dari strategi marketing yang dilakukan oleh BMT NU khususnya Cabang Larangan Pamekasan. Strategi marketing yang dilakukan oleh BMT NU untuk dapat meningkatkan jumlah anggota melalui produk tabungan Sajadah seperti menggunakan strategi pemasaran 4P (Product, Promotion, Price, Place). Anggota merasa sangat di untungkan dengan adanya produk tabungan sajadah, karena melihat dari respon anggota yang menggunakan produk tabungan sajadah karena dengan hanya memberikan titipan uang anggota sudah bisa mendapatkan hadiah langsung di awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:36
Last Modified: 14 Jul 2023 07:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3196

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item