Implementasi Pelatihan Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMA Negeri 4 Pamekasan

Sholihin, Rakhmad (2020) Implementasi Pelatihan Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMA Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ COVER _ MPI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING _ MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ LEMBAR PENGESAHAN _ MPI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ ABSTRAK _ MPI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ DAFTAR ISI _ MPI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ BAB I _ MPI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181_ BAB II _ MPI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ BAB III _ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ BAB IV _ MPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ BAB V _ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ DAFTAR PUSTAKA _ MPI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
RAKHMAD SHOLIHIN _ 20160701040181 _ SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA _ MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pel atihan Berbasis Musyawarah Guru Mata Pel ajaran, Kompetensi Profesional . Pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran merupakan sal ah satu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi seorang pendidik. Guru sebagai pendidik diharapkan bisa menciptakan pembel ajaran yang efektif dan efisien. Sal ah satunya dengan meningkatkan kemampuan Profesional nya. Ol eh karena itu, guru harus meningkatkan kompetensi yang semestinya harus dimil iki ol eh seorang pendidik, terutama pada penguasaan kompetensi profesional . Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasal ahan yang menjadi fokus dal am penel itian, yaitu: pertama, bagaimana I mpl ementasi pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan profesional guru di SMA Negeri 4 Pamekasan, kedua, apa saja faktor pendukung dan pengahambat impl ementasi pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 4 Pamekasan. Penel itian ini menggunakan pendekatan kual itatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperol eh memal ui wawancara, dengan jenis wawancara tidak terstruktur, observasi dengan jenis observasi non partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dil akukan dengan mel al ui perpanjangan keikutsertaan dan triangul asi. Hasil penel itian menunjukkan bahwa: pertama, impl ementasi pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yakni dil aksanakan satu bul an sekal i atau satu minggu baik dil aksanakan di sekol ah atau di l uar sekol ah dengan mel akukan perencanaan, pel aksanaan, menentukan materi dan mendatangkan pemateri dari l uar atau dari dal am. Karena dengan kegiatan pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran ini dapat menjadi sebagai pusat penyel esaian masal ah yang dihadapi pendidik terkait dengan mengenal karakter siswa, metode pembel ajaran serta l ainnya. dengan demikian kegiatan MGMP ini menjadi pusat dari peningkatan pompetensi terutama terhadap kompetensi profesional guru tersebut. Kedua, mengenai apa saja faktor pendukung dan penghambat impl ementasi pel atihan berbasis musyawarah guru mata pel ajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yakni dengan harus ada guru, ada bahan – bahan yang perl u dipersiapkan dengan matang sehingga disaat dil aksanakan sudah siap, dan faktor pendukung l ainnya yaitu dari kepal a sekol ah, dari pembinaan kepal a sekol ah. Sedangkan sel ain faktorpendukung yang di sebut, terdapat faktor penghambat dari impl ementasi pel atihan berbasis musyawarah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru itu sendiri yaitu dari pembiayaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:09
Last Modified: 20 Jan 2023 08:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/332

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item