Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Layanan Kepada Masyarakat Berbasis Website di SMKN 1 Tlanakan

Kuswanto, Syabriadi (2020) Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Layanan Kepada Masyarakat Berbasis Website di SMKN 1 Tlanakan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ COVER_ MPI..pdf

Download (102kB)
[img] Text
c). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ Lembar Persetujuan Pembimbing_ MPI..pdf

Download (129kB)
[img] Text
d). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ Lembar Pengesahan_ MPI..pdf

Download (191kB)
[img] Text
e). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ Abstrak_ MPI..pdf

Download (89kB)
[img] Text
f). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ DAFTAR ISI_ MPI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
g). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ BAB 1_ MPI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
h). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ BAB II_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
i). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ BAB III_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
j). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ BAB IV_ MPI.pdf

Download (509kB)
[img] Text
k). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ BAB V_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
l). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ DAFTAR RUJUKAN_ MPI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
b). SYABRIADI KUSWANTO_ 20160701040222_ Surat Pernyataan keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_ MPI..pdf

Download (195kB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Layanan, Website Pengelolaan sistem informasi manajemen pendidikan dalam layanan kepada masyarakat berbasis webSite adalah sebuah kegiatan pengelolaan data yang dilakukan oleh lembaga untuk memberikan informasi terkait dengan sekolah kepada masyarakat untuk mempermudah dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dengan memanfaatkan website sebagai media informasi untuk akses pengenalan lembaga kepada masyarakat sekitar dan secara luas. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana pengelolaan sistem informasi manajemen dalam efektivitas layanan kepada masyarakat berbasis website di SMKN 1 Tlanakan. Kedua, Bagaiamana bentuk layanan yang disediakan dalam website dalam layanan kepada masyarakat di SMKN 1 Tlanakan. Ketiga, Bagaimana respon masyarakat dan siswa terhadap sistem informasi manajemen dalam layanan kepada masyarakat berbasis website di SMKN 1 Tlanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, operator website, waka humas, tim konten kepenulisan website, siswa dan masyarakat. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpajangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trigulasi Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Pertama, Kepala sekolah selaku pimpinan memanfaatkan kebutuhan zaman dengan mempergunakan website dalam layanan penghubung terhadap masyarakat. Selain itu, membentuk tim-tim pengelolaan website sekolah sehingga tidak dibeban kan kepada satu orang namun saling berkerja sama dalam merancang, menyusun model yang akan disediakan di website dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan website dalam peranan penyediaan informasi untuk menunjang proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kedua, salah satu bentuk program kepala sekolah dalam menjawab perkembangan zaman dalam media penyebarluaskan informasi layanan sekolah yang meliputi informasi yang termuat dari beberapa fitur yang telah disedikan dan berupa kegiatan sekolah seperti kelulusan, PPDB, jurusan, serta yang lainya dalam layanan terhadap publik atau orang tua siswa. Ketiga, menurut beberapa narasumber masih lebih dominan terhadap penggunaan website yang belum optimal artinya kegiatan yang melibatkan penggunaan internet yang kebanyakan tidak mengatahui cara penggunaannya internet. selain itu orang tua siswa atau masyarakat yang tidak mempunyai Hp android. Peneliti juga mendapatkan informasi bahwasanya pihak sekolah belum melakukan survey sepenuhnya dalam penggunaan website sehingga pihak sekolah tidak mengetahui persentase kepuasan masyarakat dalam kualitas pelayanan sistem informasi berbasis website tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:15
Last Modified: 20 Jan 2023 08:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/336

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item