Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas (ROA), dan Leverage (DAR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2017-2018

Syafitri, Agustine (2020) Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas (ROA), dan Leverage (DAR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2017-2018. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-Cover-AS.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-Halaman Persetujuan-AS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-Halaman Pengesahan-AS.pdf

Download (298kB)
[img] Text
agustine Syafitri-20160703040046-Keaslian Tulisan-AS.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-ABSTRAK-AS (pdf.io).pdf

Download (43kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-DAFTAR ISI-AS (pdf.io).pdf

Download (43kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-BAB I-AS.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-BAB II-AS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-BAB III-AS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-BAB IV-AS.pdf

Download (852kB)
[img] Text
Agustine Syafitri-20160703040046-BAB V-AS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Kata Kunci: Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas (ROA), Leverage (DAR) Earning Response Coefficient (ERC). Perkembangan zaman semakin menuntut perbaikan mutu hidup sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat dari segi konsumsi dan produksi baik berupa barang maupun jasa, sampai pada kebutuhan investasinya. Masyarakat indonesia mulai melirik pasar modal sebagai sarana investasi yang menjanjikan. Seiring berkembangnya pasar modal di dalam ekonomi islam menjadi warna baru tersendiri bagi masyarakat Indonesia terutama yang beragama Islam. Pasar modal syariah memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan pangsa pasar perusahaan berbasis syariah tentunya akan memberikan informasi yang berkaitan dengan kesyariahan perusahaan seperti informasi yang menggambarkan bahwa sebuah perusahaan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dengan jumlah sampel sebanyak 36 data. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas data, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi Penelitian ini menunjukkan bahwa Uji uji – X1 Islamic Social Reporting (ISR) diperoleh thitung sebesar 3.129 dengan nilai signifikansi 0,004 dan ttabel sebesar 1.68830. Karena 3.129 > 1.68830 dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh signifikan terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2018. Variabel X2 Rasio Profitabilitas (ROA) diperoleh thitung sebesar 2.915 dengan nilai signifikansi 0,006 dan ttabel sebesar 1.68830. Karena 2.915 > 1.68830 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Rasio Profitabilitas berpengaruh dan tidak signifikan terhadap terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2018. Variabel X3 Rasio Leverage (DAR) diperoleh thitung sebesar 2,796 dengan nilai signifikansi 0,009 dan ttabel sebesar 1.68830. Karena 2.796 > 1.68830 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Rasio Leverage berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2018. besarnya R Square yaitu 0,484 atau 48,4%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntasi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:50
Last Modified: 24 Jan 2023 01:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/352

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item