Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Media Visual Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Di SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurika, Nurika (2022) Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Media Visual Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Di SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
18381052066_SAMPUL.pdf

Download (18kB)
[img] Text
18381052066_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
18381052066_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
18381052066_ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
18381052066_KATA PENGANTAR.pdf

Download (677kB)
[img] Text
18381052066_DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
18381052066_BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
18381052066_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
18381052066_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
18381052066_BAB IV.pdf

Download (224kB)
[img] Text
18381052066_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
18381052066_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
18381052066_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
18381052066_BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
18381052066_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18381052066_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kunci: Kompetensi Pedagogik, Variasi Media Visual, Pembelajaran Tematik. Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik yang didasarkan pada ilmu mendidik.Variasi belajar mengajar merupakan upaya yang terencana dan sistematis dalam menggunakan berbagai komponen yang memengaruhi kegiatan belajar mengajar terutama dalam variasi belajar salah satunya menggunakan media pembelajaran seperti media visual. Media visual adalah media yang berkaitan dengan indera penglihatan, contohnya seperti media realia. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Penelitian ini memiliki 2 tujuan penelitian, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam kompetensi pedagogik guru dalam mengadakan variasi media visual pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang, 2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami guru Sekolah Dasar dalam mengadakan variasi media visual pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 SDN Labuhan 5 Sreseh Sampang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Penelitian kualitatif berarti mengumpulkan data bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, maupun dokumen resmi lainnya.Penelitian kualitatif melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan prosedur-prosedur, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, menganalisis data secara produktif mulai dari tema-tema khusus ke tema-tema umum, dan menafsirkan makna data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 strategi guru dalam kompetensi guru dalam menggunakan variasi media visual pada pembelajaran tematik di SDN Labuhan 5. Yaitu: 1) Menguasai karakteristik peserta didik, 2) Melaksanakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3) Menggunakan variasi media pembelajaran. Dari ketiga strategi tersebut yang paling sering digunakan oleh guru kelas 3 adalah melaksanakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. kendala yang dialami guru kelas 3 dalam menggunakan variasi media visual pada pembelajaran tematik yaitu: 1) Siswa tidak tenang di dalam kelas, 2) Minat dan bakat, 3) Kurangnya fasilitas media pembelajaran disekolah. Dari ketiga kendala tersebut, kendala yang sering dialami oleh guru adalah siswa tidak tenang di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:41
Last Modified: 27 Jan 2023 08:34
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3528

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item