Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Mata Pelajaran Ipa Materi Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV Di SDN Durbuk I Pademawu

Prihatini, Luluh (2022) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Mata Pelajaran Ipa Materi Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV Di SDN Durbuk I Pademawu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Sampul_PGMI.pdf.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (79kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Abstrak_PGMI.pdf.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Kata_Pengantar_PGMI.pdf.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB II_PGMI.pdf.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (673kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Luluh Prihatini_18381052046_Surat_Keterangan_Bebas_Plagiasi_PGMI.pdf.pdf

Download (427kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Berfikir Kritis Latar belakang masalah dalam penelitian adalah di SD Negeri Durbuk I Pademawu Pamekasan sebagian besar guru hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja kepada siswa tanpa berusaha untuk mengaitkan dengan lingkungan siswa dan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dari lingkungan disekitarnya dan pengalamannya dengan pengetahuan yang akan dipelajari siswa di sekolah. Dengan demikian, belajar hanya bersifat hafalan saja dan kurang bermakna. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran berbasis Berbasis Lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan proses perencanaan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis di SDN Durbuk I Pademawu, untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Meningkatan Kemampuan Berfikir Kritis di SDN Durbuk I Pademawu, dan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Meningkatan Kemampuan Berfikir Kritis di SDN Durbuk I Pademawu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Hoopkins. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Durbuk I Pademawu Pamekasan. Waktu penelitian dilakukan pada April 2022 dalam dua siklus, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Durbuk I Pademawu Pamekasan yang terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan perkembangan siswa, terlihat perkembangan berifkir kritis siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, yaitu kemampuan berfikir kritis yang dikuasai siswa pada siklus 2 meningkat bila dibandingkan pada pratindakan dan siklus 1.Keterampilan mengamati siswa siklus 2 meningkat jika dibandingkan dengan siklus 1 yang hanya ditunjukkan 64,04% siswa dengan kenaikan sebesar 18,75%. Keterampilan mengklasifikasi siswa pada siklus 2 meningkat bila dibandingkan dengan siklus 1 ditunjukkan 64,06% siswa dengan kenaikan sebesar 31,25%. Keterampilan menyimpulkan siswa siklus 2 meningkat jika dibandingkan dengan siklus 1 yang ditunjukkan oleh 54,68% siswa dengan kenaikan sebesar 35,94%. Keterampilan mengkomunikasikan siswa siklus 2 meningkat dibandingkan dengan siklus 1 yang ditunjukkan oleh 56,25% siswa dengan kenaikan sebesar 34,37%. Hasil pembandingan siswa yang telah menguasai kemampuan berfikir kritis pada siklus 2 dengan siklus 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:50
Last Modified: 27 Jan 2023 08:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3529

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item