Nurhalisa, Siti (2022) Pengaruh Model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di UPTD SDN PATARONGAN 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Cover_PGMI.pdf Download (178kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_18381052090_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (138kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (202kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Abstrak_PGMI.pdf Download (151kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (157kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_BAB I_PGMI.pdf Download (356kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_BAB IV_PGMI.pdf Download (451kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (381kB) |
|
Text
Siti Nurhalisa_ 18381052090_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_ PGMI.pdf Download (126kB) |
Abstract
Kata Kunci: STEM Project Based Learning, Berpikir Kreatif Siswa Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran tematik di UPTD SDN PATARONGAN 1 tahun ajaran 2021/2022. Tujuan lainnya peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada pembelajaran tematik dikelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain preeksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di UPTD SDN Patarongan 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang di gunakan adalah kelas V sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil dari pengujian hipotesis persentase pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh nilai -thitung < ttabel < thitung (-20,644 < 2,073 < 20,644 ) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan data pretest rata-rata sebesar 34,64 dan data posttest rata-rata sebesar 66,75 . berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran tematik di UPTD SDN PATARONGAN 1 tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:53 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3530 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |