Putri, Maulidya Rani (2022) Penerapan Teknik Scaffolding Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana di SMKN 3 Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Sampul-TBIN.pdf Download (84kB) |
|
Text
c. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Halaman Persetujuan-TBIN.pdf Download (45kB) |
|
Text
d. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Halaman Pengesahan-TBIN.pdf Download (67kB) |
|
Text
e. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Abstrak-TBIN.pdf Download (73kB) |
|
Text
f. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Daftar Isi-TBIN.pdf Download (74kB) |
|
Text
g. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-BAB I-TBIN.pdf Download (139kB) |
|
Text
h. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-BAB II-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
i. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-BAB III-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
j. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-BAB IV-TBIN.pdf Download (186kB) |
|
Text
k. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-BAB V-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
l. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Daftar Pustaka-TBIN.pdf Download (91kB) |
|
Text
b. MAULIDYA RANI PUTRI-20160701070072-Pernyataan Keaslian Tulisan-TBIN.pdf Download (59kB) |
Abstract
Kata Kunci: Teknik Scaffolding, Dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan teknik scafolding yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi, karena penerapan ini salah satu cara agar dapat mengetahui kesulitan-kesulitan siswa yang dihadapi ketika proses pembelajaran. Tentunya dalam penerapan teknik ini salah satu pembelajaran yang dapat digunakan agar proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan mampu mengatasi kesulitan siswa dengan konsep pemberian bantuan yang berupa motivasi, dorongan dan arahan dalam pembelajaran maupun saat menyelesaikan tugas. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) bagaimana guru menerapkan teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 3 Pamekasan, 2) bagaimana faktor penghambat dan pendukung guru menerapkan teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 3 Pamekasan, dan 3) bagaimana solusi guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan teknik Scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, kajian dalam penelitian ini adalah, teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis puisi di SMKN 3 Pamekasan, khususnya di kelas X jurusan tata busana. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini di tujukan kepada guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) guru menerapkan teknik scaffolding dengan motivasi, dorongan, dan petunjuk yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas dan melatih siswa untuk melibatkan kesadaran berpikirnya, 2) adapun faktor penghambat ketika guru tidak dapat mengkondisikan kelas dan siswa berbagai macam karakter yang harus guru pahami kesulitan pembelajaran yang siswa hadapi. Sedangkan faktor pendukung sendiri dari media pembelajaran atau sarana itu sangat mendukung sekali pada kegiatan pembelajaran salah satunya teknik scaffolding, 3) Solusi guru untuk mengatasi penghambat tersebut guru yang di tuntut untuk kreatif agar siswa menjadi aktif dalam meyelesaikan pembelajaran dan kondisi kelas dapat kondusif selama pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 01:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3540 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |