Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di MTs AnNur Sana Tengah

Hasanah, Faridatul (2022) Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di MTs AnNur Sana Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Cover_TBIN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Halaman Persetujuan_TBIN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Halaman Pengesahan_TBIN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Kata Pengantar_TBIN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Abstrak_TBIN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Daftar Isi_TBIN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_BAB I_TBIN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_BAB IV_TBIN.pdf

Download (727kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Daftar Rujukan_TBIN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Lampiran_TBIN.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Bebas Plagiasi_TBIN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Faridatul Hasanah_18381072043_Riwayat Hidup_TBIN.pdf

Download (22kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Terhadap Peningkatan, Minat Belajar Siswa, Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam penggunaan metode Tanya jawab. Metode tanya jawab merupakan cara yang diterapkan oleh guru dalam merangsang pikiran siswa untuk mengingat dan memancing bagaimana siswa memahami pelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik. Metode tanya jawab juga memberikan rangsangan kepada siswa agar dapat berpikir kritis dan mendorong siswa berusaha dalam memahami setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini memfokuskan pada: ada tidaknya pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah tidak memiliki pengaruh bahwa sebelum diterapkan metode tanya jawab, siswa kelas VIII 30% minat belajarnya rendah dan tidak sesuai harapan, sedangkan setelah menerapkan metode tanya jawab 32% minat belajarnya semakin rendah. Sebagaimana hasil dari analisis data yang diperoleh bahwa pertama, tidak ada pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja (yakni 0,16) lebih besar dari “r” tabel product moment di mana N=26 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh sebesar 0,388 dan di dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,490, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan peneliti menyatakan tidak ada pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah “tidak diterima”. Kedua besar pengaruh metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs An-Nur Sana Tengah adalah sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yaitu 0,16 berada pada interval 0,00-0,199.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:54
Last Modified: 30 Jan 2023 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3570

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item