Susanti, Sri (2022) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Idul Fitri Dalam Peningkatan Jumlah Anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Sri Susanti_ 18383022176_ Cover_ PBS..pdf Download (129kB) |
|
Text
c) Sri Susanti_ 18383022176_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ PBS..pdf Download (108kB) |
|
Text
d) Sri Susanti_ 18383022176_ Lembar Pengesahan_PBS (1).pdf Download (150kB) |
|
Text
e) Sri Susanti_ 18383022176_ Abstrak_ PBS..pdf Download (132kB) |
|
Text
f) Sri Susanti_ 18383022176_ Daftar_ Isi_ PBS..pdf Download (95kB) |
|
Text
g) Sri Susanti_ 18383022176_ BAB I_ PBS..pdf Download (277kB) |
|
Text
h) Sri Susanti_ 18383022176_ BAB II_ PBS..pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
i) Sri Susanti_ 18383022176_ BAB III_ PBS..pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
j) Sri Susanti_ 18383022176_ BAB IV_ PBS..pdf Download (347kB) |
|
Text
k) Sri Susanti_ 18383022176_ BAB V_ PBS..pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
l) Sri Susanti_ 18383022176_ Daftar_ Pustaka_ PBS..pdf Download (205kB) |
|
Text
b) Sri Susanti_ 18383022176_ Surat_ Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi _PBS..pdf Download (226kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan Idul Fitri Produk-produk yang terdapat di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan diantaranya adalah tabungan Idul Fitri yang merupakan simpanan yang dikhususkan untuk anggota yang ingin menabung persiapan idul fitri dengan berbasis syariah serta bagi hasil 60% BMT dan 40% yang menguntungkan anggota tabungan idul fitri. Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan idul fitri dalam peningkatan jumlah anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan, Kedua, Apa saja kendala penerapan strategi pemasaran produk tabungan idul fitri dalam peningkatan jumlah anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data berupa data primer dan data sekunder, sedangkan prosedur pengumpulan data diperoleh observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan yaitu berupa Product, Promotion, Price, dan Place. Dimana strategi produk yaitu dengan memberikan kelebihan yang ada di produk tabungan idul fitri seperti keuntungan bagi hasil BMT juga memberikan satu nama yang khas di fungsikan agar bisa menarik minat anggota. Strategi promosi BMT mempromosikan tabungan idul fitri ini dengan cara datang langsung ke masyarakat dan memberikan brosur. Strategi harga (price) BMT menerapkan biaya administrasi yang sangat murah dan juga anggota bisa menabung dengan nominal berapa saja. Jadi anggota tidak diberatkan terkait masalah nominal tabungannya. Strategi tempat (place) BMT juga memilih tempat yang strategis dekat dengan jalan raya memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Strategi produk yang diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan terbilang cukup evektif dan efisien untuk meningkatkan produk. Kendala Strategi pemasaran pada tabungan idul fitri dalam peningkatan jumlah anggota yaitu karyawan kurang memasarkan tabungan idul fitri, serta banyaknya persaingan lembaga keuangan yang setiap lembaga pasti berusaha untuk menari minat anggota dan memberikan keunggulan produknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3768 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |