Manajemen Humas Dalam Mengimplementasikan Prinsipprinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 di SMAN 1 Pamekasan

Arisandi, Melliyana Dwi (2022) Manajemen Humas Dalam Mengimplementasikan Prinsipprinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 di SMAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
sampul Skripsi.pdf

Download (388kB)
[img] Text
persetujuan pdf.pdf

Download (144kB)
[img] Text
lembar pengesahaan melliyana pdf.pdf

Download (577kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (245kB)

Abstract

Kata Kunci : manajemen humas Dalam Organisasi baik swasta maupun pemerintah tidak luput dalam Humas, humas sendiri adalah perantara komunikasi lembaga dengan masyarakat dan antara guru pengajar dengan masyarakat di mana seluruh kontak dan hubungan dilakukan dengan baik agar terwujudnya keberhasilan visi, misi, dan tujuan sekolah. Selain itu humas memiliki tugas untuk merumuskan cita-cita sekolah (Visi) dan sasaran (Misi). Menurut undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 54 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 2 fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana rancangan proses manajemen mutu ISO 9001:2008 di SMAN 1 Pamekasan. Kedua bagaimana implementasi prinsip-prinsip sistem manajemen mutu di SMAN 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui kepala sekolah, waka humas, dan para peserta didik SMAN 1 Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), serta verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian di SMAN 1 Pamekasan tentang manajemen mutu ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh waka humas dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip sistem manajemen mutu ISO. Waka humas SMAN 1 Pamekasan terus-menerus melakukan perbaikan sistem mutunya agar bisa menjadi sekolah terbaik baik itu tingkat region maupun nasional. Selain itu SMAN 1 Pamekasan tidak hanya memperbaiki sistemnya ada juga seperti memperbaiki kualitas pelayanan, mutu pembelajaran, sarana dan prasarana, dan sumber daya manusianya. Setelah menerapkan mutu ISO 9001:2008 SMAN 1 Pamekasan merasakan efeknya seperti menjadi sekolah yang memiliki rata-rata nilai lulusan yang mampu bersaing dan juga mencetak generasi yang mampu bersaing baik itu di dunia universitas maupun di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:35
Last Modified: 12 Jun 2023 04:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3815

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item