Hamid, Muhammad Ilwan (2022) Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MA Nurur Rahmah Pragaan Daya Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Cover_BKPI.pdf Download (23kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (102kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf Download (41kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Abstrak_BKPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Daftar Isi_BKPI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_BAB I_BKPI.pdf Download (443kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_BAB IV_BKPI.pdf Download (432kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (220kB) |
|
Text
Muhammad Ilwan Hamid_18381091081_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_BKPI.pdf Download (65kB) |
Abstract
, M.Psi. Kata Kunci: Konseling Individu, Pendekatan Cognitive Behavior Therapy, Kepercaayaan Diri Siswa. Rasa tidak percaya diri ditandai dengan adanya kelemahan-kelemahan yang ada dalam diri individu dan menghambat dalam pencapaian tujuan hidup. Remaja atau siswa yang kurang percaya diri akan menunjukkan perilaku seperti, tidak bisa berbuat banyak, selalu ragu dalam menjalan tugas, tidak berani berbicara jika tidak mendapatkan dukunngan, menutup diri, cenderung sedapat mungkin menghindari situasi komunikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: apakah pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MA Nurur Rahmah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen one group pre-test postest. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan konseling individual dengan teknik cognitive behavior therapy (cbt) kepada siswa yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, dan dokumentasi. Data utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Nurur Rahmah sedangkan informan internal dalam penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas XI IPS. Penelitian ini telah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon non parametric. Hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil skor siswa yang signifikan antara sebelum diberikan treatment (pre-test) dengan sesudah diberikan treatment (post-test). Rata-rata nilai hasil pre-test adalah 89.1250. sedangkan rata-rata nilai hasil post-test setelah diberikan treatment melalui pendekatan cognitive behavior therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah 127.0000. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata siswa setelah diberikan treatment melalui layanan cognitive behavior therapy. Pada hasil out put untuk pengambilan hipotesis menunjukkan bahwa hasil signifikansi p-vlue sebesar 0,011 (<0,05), maka Ha diterima. Sehingga kesimpulannya konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MA Nurur Rahmah Pragaan Daya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:32 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3819 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |