Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Tabungan Ukhrawi Di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan

Fajri, Nurul Khairi Iqbalil (2022) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Tabungan Ukhrawi Di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Cover_PBS.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Lembar_persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Abstrak_PBS.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_BAB I_PBS.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_BAB IV_PBS.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil Fajri_18201503020202_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Nurul Khairi Iqbalil fajri_18201503020202_Surat Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: BMT Kadur, Cabang Kadur, Strategi Pemasaran, Tabungan Ukhrowi Salah satu produk BMT Kadur adalah tabungan Ukhrowi. Tabungan Ukhrowi adalah tabungan sekaligus beramal tanpa kehilangan uang tabungan, karena bagi hasil tabungan anda di sedekahkan kepada fakir miskin dan anak yatim piatu. Menggunakan akad mudlarabah muthlaqah dengan Setoran Awal Rp.25.000,- dan selanjutnya minimal Rp. 5.000,- dengan bagi hasil 50 %. Layanan tabungan ukhrawi saat ini masih belum dikenal banyak oleh masyarakat Kadur karena masyarakat beranggapan bahwa tabungan adalah menyimpan uang dan dapat mengambil sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Penelitian ini memfokuskan pada strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan dan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengerahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan dan untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu, metode analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah BMT Cabang Kadur yang berada di Desa Kadur Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian kualitatif ini proses pengumpulan data dilakukan melalui, interview/wawancara, pengamatan/observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan BMT Cabang Kadur dalam meningkatkan jumlah nasabah menggunakan strategi Marketing Mix yaitu Price, Place dan Promotion. Strategi yang paling efektif digunakan dalam meningkatatkan jumlah nasabah yaitu dalam bentuk promotion, proses ini sangat efektif yang digunakan BMT Cabang Kadur dibandingkan dengan produk, place, dan price, sehingga dapat disimpulkan pendekatan promotion sangatlah berpengaruh untuk menarik minat nasabah. Kendala yang dihadapi dalam melakukan startegi pemasaran diantaranya adalah informasi yang disampaikan pada saat promosi produk masih mengalami kesulitan karena istilah tabungan ukhrawi masih sangat awam dan banyak istilah yang belum familier bagi masyarakat desa. Kendala yang dihadapi BMT Kadur dalam perluasan pangsa pasar adalah perasaan tidak nyaman karena seperti mencaplok daerah pangsa pasar BMT lainnya Rendahnya kompetensi nasabah dalam pengurusan menjadi nasabah BMT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 May 2023 07:18
Last Modified: 31 May 2023 07:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3849

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item