Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Madura

FEBRIANTI, EMILIA (2022) Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Cover_ES.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Lembar Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Abstrak_ES.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_BAB I_ES.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_BAB IV_ES.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Emilia Febrianti_18383032052_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (279kB)

Abstract

Kata Kunci: Online Shop, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa Febi Mudahnya berbelanja online yaitu dengan adanya sosial media saat ini dapat dengan mudah diakses sehingga semakin membuat keinginan mahasiswa yang ada menuntut untuk dipenuhi tanpa berpikir dampak yang ditimbulkan karena menuruti keinginan bukan mengedepankan suatu kebutuhan akan tetapi dalam Islam dilarang hal demikian karena dalam Islam kita tidak boleh bersifat berlebih-lebihan, pemborosan,menghambur-hamburkan yang artinya harus mengedepankan kebutuhan daripada suatu keiginan. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui peran media sosial terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian menggunakan online shop pada mahasiswi FEBI IAIN Madura dan yang kedua untuk mengetahui motif perilaku konsumtif dalam sistem pembelian menggunakan online shop pada mahasiswi FEBI IAIN Madura, serta yang ketiga untuk mengetahui presepktif Islam tentang perilaku konsumtif pada penggunaan media sosial pada mahasiswi FEBI IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah mahasiswa FEBI IAIN Madura. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Penggunaan WatshaAp, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya sangat memberikan kemudahan terhadap kehidupan karena keberadaannya sangat penting mengingat semua hal ada dalam media sosial termasuk didalamnya kegiatan usaha atau bisnis dan juga bisa melakukan pembelanjaan sesuai kebutuhan ataupun keinginan. yang kedua Motif mahasiswa FEBI melakukan perilaku konsumtif dalam melakukan pembelian secara online diantaranya adalah melakukan pembelanjaan secara online memberikan kemudahan bertransaksi dan banyak akan pilihan sesuai dengan apa yang di inginkan serta bisa menyesuaikan dengan trend yang ada pada saat ini, dan dari segi harga itu jauh lebih murah serta dan waktu dalam melakukan pembelanjaan secara online bisa dimanapun dan kapanpun atau sangat fleksibel, serta yang ketiga Sebagian mahasiswa sudah tau terkait perilaku konsumtif akan tetapi mereka masih melakukan kegiatan atau perilaku konsumtif tersebut tidak memperhatikan prinsip keadilan, prinsip kebersihan dan prinsip kesederhanaan, seperti halnya, Mahasiswa FEBI IAIN Madura sekarang banyak yang berpenampilan luar biasa mengikuti trend dan juga saling memperlihatkan dan membandingkan outfit yang dimiliki sehingga tak jarang mahasiswa yang lain mengikuti trend tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 May 2023 06:58
Last Modified: 31 May 2023 06:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3876

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item