Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis

Kamilah, Rohmatul (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_Cover_PBS.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_LembarPengesahan_PBS.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_201707022182_Abstrak_PBS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_BAB I_PBS.pdf

Download (712kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_BAB IV_PBS.pdf

Download (782kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Rohmatul Kamilah_20170703022182_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Bagi Hasil, Keputusan Menabung BMT merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang paling banyak jumlahnya dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Selain merupakan lembaga keuangan yang paling banyak jumlahnya, produk BMT juga paling banyak peminatnya terutama dalam produk Tabah. Salah satu cabang yang memiliki banyak peminat dalam produk Tabah adalah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Produk Tabah merupakan tabungan yang dapat memudahkan nasabah dari segi pengambilan dan bagi hasilnya sebesar 40%. Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh BMT NU Jawa Timur Cabang Galis berupa jemput bola. Maka dari itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama, apakah kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Kedua, apakah kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara parsial berpengaruh terhadap keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Sehingga peneliti memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa pertama, untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara simultan terhadap keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Kedua, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara parsial terhadap keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif/korelasional yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi finit, dan yang menjadi subjek penelitian adalah nasabah yang menabung dengan produk Tabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus slovin dan jumlah responden yang diambil sebanyak 90 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 24. Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai Fhitung 56,486 > Ftabel 3,10 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Artinya kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil bersama-sama memiliki pengaruh terhadap nasabah mengambil sebuah keputusan. (2) Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,431 > ttabel 1,984. Selain itu, persepsi bagi hasil secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 3,989 > ttabel 1,984

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 May 2023 04:26
Last Modified: 31 May 2023 04:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3901

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item