Layanan Food Delivery Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Usaha Jasa Djontor Di Kabupaten Sampang

Yuliyantika, Nurcahyani (2022) Layanan Food Delivery Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Usaha Jasa Djontor Di Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Cover_ES.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Lembar_Persetujua_ Pembimbing_ES.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Abstrak_ES.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_BAB I_ES.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_BAB IV_ES.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Nurcahyani Yuliyantika_18383032148_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (233kB)

Abstract

Kata Kunci: Layanan, Food Delivery, Etika Bisnis Islam Dengan adanya perkembangan tekonologi segala kebutuhan manusia dapat terpenuhi salah satunya adalah perkembangan teknologi dalri segi transportasi yaitu perkembangan penyedia jasa online dimana didominasi oleh dua perusahaan besar yaitu Gojek dan Grab. Problematika yang terjadi dalam dunia bisnis, selalu saja disebabkan oleh pelaku bisnis yang kerap kali meninggalkan ajaran Islam, mereka yang melupakan ketentuan-ketentuan dasar dalam etika berbisnis, sehingga dapat dijumpai penipuan-penipuan yang terjadi dalam bisnis. Dengan melayanai konsumen yang mengharapkan keberkahan amal dan ibadah dalam menjalankannya, maka diperlukannya etika bisnis Islam untuk mencapai pelayanan yang di ridhai Allah SWT Berdasarkan permasalahan yang ada, ada beberapa permasalahan yang menjadi kajian utama penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana layanan food delivery pada usaha jasa Djontor di Kabupaten Sampang. Kedua, Bagaimana kinerja layanan food delivery usaha jasa Djontor di Kabupaten Sampang dalam perspektif etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data memakai tiga cara yaitu: obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh di sederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: Pertama, pelayanan food delivery diterapkan dengan baik oleh pihak komunitas Djontor khususnya admin dan driver Djontor delivery. Dalam pelaksanaannya driver sudah memberikan pelayanan semaksimal mungkin pada kebutuhan konsumen dari segi cepat tidaknya jasa sampai tujuan atau komunikasi yang berlangsung baik. Djontor juga sudah berusaha untuk memperkecil kesenjangan-kesenjangan yang terjadi antara pihak manajemen dan konsumen dengan membangun komitmen bersama dalam perbaikan proses pelayanan. Kedua, kinerja layanan food delivery usaha jasa Djontor di Kabupaten Sampang dalam perspektif etika bisnis islam ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam sebagai tolak ukur. Dari ketiga prinsip tersebut yang sesuai dengan penerapan etika bisnis islam hanya pertanggung jawaban saja. oknum driver yang melakukan atau tidak melakukan kecurangan tetap melayani dengan baik dan bertanggung jawab sampai pesanan selesai. Pada prinsip keseimbangan dan prinsip kejujuran dikatakan tidak sesuai karena ada oknum driver yang melakukan kecurangan dengan melebih�lebihkan biaya transaksi yang harusnya bukan hak konsumen demi keuntungan pribadi dengan waktu yang singkat. Hal ini termasuk merugikan konsumen dan nama baik Djontor delivery

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 May 2023 04:11
Last Modified: 31 May 2023 04:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3916

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item