Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MA Al-Qodiry Sentol Pamekasan

Qomariyah, Nurul (2022) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MA Al-Qodiry Sentol Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381092095_sampul.pdf

Download (119kB)
[img] Text
19381092095_halaman persetujuan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
19381092095_halaman pengesahan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
19381092095_abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
19381092095_kata pengantar.pdf

Download (161kB)
[img] Text
19381092095_daftar isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
19381092095_bab I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
19381092095_bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
19381092095_bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
19381092095_bab IV.pdf

Download (481kB)
[img] Text
19381092095_bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
19381092095_daftar rujukan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
19381092095_keaslian tulisan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
19381092095_riwayat hidup.pdf

Download (107kB)

Abstract

Kata Kunci: Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing, Kepercayaan Diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pra penelitian peneliti ketika melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di MA Al-Qodiry Sentol. Menurutnya, keprcayaan diri dikelas X masih berada di rentang sedang kebawah. Permasalahan keprcayaan diri yang biasanya dialami disana seperti, tidak berani mengungkapkan pendapat dan harus disuruh oleh guru, kurang berani tampil didepan kelas, saling tunjuk untuk berpendapat, bahkan tidak ingin maju didepan kelas hanya takut salah, dan lain-lain. Sikap seperti itu muncul karena kebanyakan dari mereka memiliki pemikiran bahwa jika mereka mengungkapkan pendapat takut jika pendapatnya salah serta takut dimarahi dan jadi bahkan tertawaan. serta mereka juga takut gagal dan kurang memiliki perilaku optimis untuk bangkit dari kegagalan. Permasalahan yang terjadi karena pikiran salah satu alternatifnya yaitu menggunakan teknik reframing, sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MA Al-Qodiry Sentol “. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah : 1) Apakah layanan konseling kelompok dengan teknik reframing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MA Al-Qodiry Sentol?, 2) Seberapa besar efektivitas konsling kelompok dngan teknik reframing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MA Al-Qodiry Sentol? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group pre test-post test, yaitu pengukuran di awal dan diakhir. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala kepercayaan diri yang diberikan kepada seluruh siswa kelas X karena populasi < 100 orang. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 30 May 2023 07:45
Last Modified: 30 May 2023 07:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4017

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item